Bye, Lemot! 7 Cara Ampuh untuk Melatih Otak Semakin Tajam dan Cerdas

Bye, Lemot! 7 Cara Ampuh untuk Melatih Otak Semakin Tajam dan Cerdas

BYE, Lemot! 7 cara ampuh untuk melatih otak agar semakin tajam dan cerdas.-Freepik-

Dengan membaca buku fiksi, seseorang bisa memasuki dunia yang berbeda dan mengikuti alur cerita yang menarik. Hal ini bisa merangsang otak untuk berpikir kritis, analitis, dan kreatif tentang alur-alur cerita yang kemungkinan bisa terjadi.

BACA JUGA: Konsumsi Minyak Zaitun Tiap Hari Bisa Cegah Pikun

Membaca buku fiksi juga dapat meningkatkan empati dan kemampuan bahasa. Asyik, bukan? Kalau menghabiskan novel terasa seperti PR berat, cukup alokasikan waktu 1-2 jam untuk membaca beberapa bab saja. Itu sudah cukup.

3. Main Catur


BYE, Lemot! 7 cara ampuh untuk melatih otak agar semakin tajam dan cerdas.-Freepik-

Catur yang merupakan permainan populer di seluruh dunia ternyata juga bermanfaat untuk mengasah otak agar semakin tajam dan cerdas. Dengan bermain catur, seseorang dapat melatih otak untuk berpikir jauh ke depan dan membaca gerakan lawan.

Studi yang dilakukan oleh psikolog asal AS Joana Kezia membuktikan bahwa permainan catur juga dapat meningkatkan kemampuan kognitif pada anak-anak.

BACA JUGA: Pikun pada Lansia, Berikut Cara Penangangan bagi Pasien dan Keluarga

Selain itu, catur bisa meningkatkan kemampuan logika, analisis, konsentrasi, dan pengambilan keputusan seseorang. Bahkan permainan catur juga dapat mengurangi stres dan meningkatkan kepercayaan diri seseorang.

4. Meditasi


BYE, Lemot! 7 cara ampuh untuk melatih otak agar semakin tajam dan cerdas.-f-

Meditasi adalah praktik yang bertujuan untuk menenangkan pikiran, tubuh, serta meningkatkan ketajaman otak.  Seseorang dapat mengatur nafas, fokus, dan emosi menjadi lebih baik ketika bermeditasi.

Hal ini bisa membantu mengurangi stres, depresi, dan kecemasan yang bisa mengganggu kinerja otak. Sara Lazar, seorang instruktur psikologi di Universitas Harvard, mengatakan bahwa bermeditasi dapat mengubah struktur otak karena seseorang bisa merasa lebih nyaman ketika bermeditasi.

Meditasi juga bisa meningkatkan kesehatan otak dengan meningkatkan aliran darah, oksigen, dan nutrisi ke otak.

BACA JUGA: Yang Terjadi Ketika Otak Peminum Kopi Dicek Lewat MRI

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: channel news asia