Mengenal Cynopobia, Fobia Terhadap Anjing Seperti di Drakor A Good Day to be A Dog

Mengenal Cynopobia, Fobia Terhadap Anjing Seperti di Drakor A Good Day to be A Dog

BACA JUGA: Pawjoeang 2023 : Ajang Jalan-jalan dan Lomba untuk Pecinta Anjing

Kemudian, ada juga fobia terhadap lingkungan. Seperti takut tempat gelap, badai petir, atau takut ketinggian. Lalu ada fobia terhadap situasi. Seperti takut naik pesawat, naik kereta api, atau takut berada di ruang terbatas.

Fobia terhadap Anjing


MENGENAL Cynopobia, fobia terhadap anjing seperti di drakor A Good Day to be A Dog. Foto: Jin Seo Won (Cha Eun Woo) melompat ke atas bak sampah saat melihat anjing.-MBC-

Kondisi fobia terhadap anjing disebut cynophobia yang berasal dari bahasa Yunani. Cyno artinya anjing, dan phobia yang berarti ketakutan.

Dalam A Good Day to be a Dog, karakter guru matematika yang diperankan Cha Eun Woo itu menderita cynophobia parah. Saking takutnya pada anjing, ia bahkan tidak mau lewat di depan pet shop yang berada dekat sekolah.

Ia selalu berusaha keras menghindar dari anjing. Ketika kepala sekolah membawa anjingnya ke ruang guru, Jin Seo Won sama sekali tidak berani masuk ruangan.

BACA JUGA: Ih Gemas, V BTS Tampilkan Yeontan si Anjing Kesayangan di Kover Album Solo Perdana

Ia juga menunjukkan gejala fisik ketika berhadapan dengan anjing. Jika bertemu anjing, ia akan langsung berkeringat, gemetaran, ketakutan, dan merasa tidak berdaya.

Ketika dihampiri Hae Na yang sedang berubah wujud menjadi anjing kecil, ia sampai lompat ke atas bak sampah dan meringkuk ketakutan. Ketika anjing kepala sekolah menghampirinya di ruang guru, ia pun naik ke atas meja untuk menghindar.

Berbeda dengan orang takut biasa. Mereka yang mengalami fobia memiliki perasaan tidak rasional atau tidak sebanding dengan ancaman nyata.

BACA JUGA: Meriahnya Ultah Tiga Ekor Anjing Rescue yang Dirayakan Sambil Berkemah

BACA JUGA: Pernikahan Anjing dengan Adat Jawa

Misalnya, orang yang takut anjing biasanya tidak lari bila anjingnya tenang dan diikat tali. Sementara orang yang menderita fobia akan tetap takut. Padahal si anjing tidak akan mencelakainya.

Penderita fobia sadar bahwa ketakutannya berlebihan. Sering kali mereka malu dengan gejala yang mereka alami. Maka, orang yang fobia akan memilih menghindari objek yang memicu fobia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber