8 Hal yang Kita Ketahui dari BTS Monuments: Beyond the Star, Daesang Pertama Hingga Ingin Disband

8 Hal yang Kita Ketahui dari BTS Monuments: Beyond the Star, Daesang Pertama Hingga Ingin Disband

8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-BigHit Music-YouTube

HARIAN DISWAY - Desember ini, seluruh member BTS berangkat menunaikan wajib militer. Nah, agar ARMY (sebutan fans BTS) tak kesepian, BigHit Music merilis BTS Monuments: Beyond The Star, pada 20 Desember 2023 lalu.

Beyond the Star adalah serial dokumenter yang merangkum perjalanan karier BTS selama 10 tahun di industri K-Pop. Mulai dari sebelum debut, masa-masa rookie, hingga menjadi boy group terbesar di dunia.

ARMY yang menonton dokumenter ini pasti akan merasa dibawa ke masa lalu. Melihat kembali bagaimana perjuangan keras BTS untuk mencapai titik kesuksesan mereka saat ini.

BACA JUGA:Bikin Nangis! Ini Sinopsis BTS Monuments: Beyond the Star dan Link Nontonnya

Serial ini terdiri dari 8 episode. Yang 2 episode pertamanya sudah tayang di Disney+. Nah, dari 2 episode yang sudah tayang itu, ada 6 hal baru yang kita dapatkan dari BTS Monuments: Beyond the Star.

1. Alasan Pemilihan Member


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-BigHit Music-

Seperti kebanyakan film dokumenter, yang pertama ditampilkan adalah titik mula perjalanan. Produser Bang Si Hyuk merupakan sosok paling penting dalam proses terbentuknya BTS.

Orang pertama yang dipilihnya untuk debut adalah RM. Saat itu Bang PD merasa bahwa orang berbakat seperti RM harus diorbitkan. Maka ia berencana membentuk sepasukan kru hiphop, yang terdiri dari rapper dan produser.

RM akan menjadi center. Sedangkan Min Yoon Gi alias Suga dijanjikan menjadi produser. Sesuai keinginannya. Namun, seiring berjalannya waktu, hal-hal awal yang direncanakan mulai berubah.

BACA JUGA:ARMY Stand By! Jimin BTS Rilis Single Baru Closer Than This 22 Desember, Catat Jamnya

BACA JUGA:10 Konser K-Pop dengan Pendapatan Tertinggi 2023, Ada BLACKPINK hingga Suga BTS

"Setelah beberapa kali perubahan member yang akan debut, jadilah BTS yang sekarang ini," kenang Suga. 

Suga dipilih menjadi line-up debut karena Bang Si Hyuk menyukai aura yang dipancarkan oleh cowok asal Daegu tersebut. "Aku suka sikap sarkastis alami yang datang darinya. Ia punya semacam sisi gelap yang mempesona," kata Bang Si Hyuk.

"Sampai sekarang pun, aku masih menyukai sisi itu darinya. Kurasa penting bagi sebuah grup untuk memiliki orang seperti dia," papar produser yang dikenal sebagai Hitman Bang tersebut.

Kalau J-Hope, sudah pasti terpilih karena kemampuan menarinya yang luar biasa. Jin BTS terpilih karena visual alias kegantengannya. "Ia menjuluki dirinya Worldwide Handsome. Astaga...," Bang Si Hyuk geleng-geleng kepala.

"Tapi jujur, aku enggak percaya, kok bisa ada orang seganteng itu. Kurasa orang dengan visual seperti Jin pasti bisa menciptakan sebuah fandom tersendiri," pujinya.

BACA JUGA:7 Member BTS Berkumpul Antar RM dan V Wamil, Sosok Ini Curi Perhatian

Jungkook dan V (yang saat itu masih malu-malu) terpilih karena sang CEO merasa dua remaja itu punya banyak bakat terpendam yang belum muncul.

Berbeda dengan member lain yang langsung bisa meyakinkan Bang Si Hyuk, Jimin sebaliknya. Saat melihat Jimin, CEO BigHit Music itu merasa bahwa cowok kelahiran 13 Oktober 1995 itu belum matang.

Untungnya, saat itu tim Bang Si Hyuk berhasil meyakinkan dirinya untuk memasukkan Jimin ke dalam line up boy group baru yang dibentuknya. "Itu keputusan yang nyaris saja (tak terjadi). Tapi untungnya, itu keputusan yang benar," ungkap Bang Si Hyuk.

BACA JUGA:Kocak Abis! Ini 4 Variety Show yang Wajib Kamu Tonton Selama V BTS Wamil

2. Latihan Yang Melelahkan


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-bts_bighit-

Setiap idol akan melewati masa trainee yang berat sebelum mereka resmi debut. Begitu pula dengan seluruh member BTS. Dalam Beyond the Star, beberapa member mengakui bahwa mereka tak ingin mengulang masa trainee.

"Aku enggak akan bisa melakukannya lagi kalau ada yang memintaku," kata Jungkook, lantas sambil tertawa. "Saat itu, kami begadang sepanjang malam, diet, dan semuanya sangat sulit dilakukan," kenangnya.

Suga menambahkan bahwa selama masa trainee, mereka menghabiskan setiap waktu di ruang latihan sampai lupa makan dan tidur. Mereka latihan koreografi dari pagi sampai sore.

BACA JUGA:Giliran V BTS Tulis Surat untuk ARMY Jelang Wamil, Jin Malah Adu Nasib

Di episode 1, diperlihatkan mereka berlatih koreografi lagu debut BTS, No More Dream. Koreografi itu diulang hingga sempurna hingga per adegan di video klip. Satu take untuk satu adegan bisa berlangsung berjam-jam.

Kelar latihan menari, disambung latihan vokal sampai jauh malam. Kadang sampai pukul 3 pagi. Dan itu setiap hari menjelang debut. "Mungkin kalian berpikir aku melebih-lebihkan. Tapi kami benar-benar hidup seperti itu selama enam bulan," ungkap Suga.

BACA JUGA:Super Kiyowo! Akhirnya Jungkook BTS Pamer Rambut Cepak saat Face Time dengan V

3. Kelahiran ARMY


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-bts_bighit-Koreaboo

Pada awal debut, ARMY belum sebesar sekarang. Dulu BTS hanya memiliki ratusan sampai ribuan ARMY yang mendukung mereka. Dalam Beyond the Star, diperlihatkan member BTS menghubungi fans mereka secara langsung untuk melakukan fan meet.

"Kami memiliki beberapa fans yang mencintai kaki meskipun saat itu kami belum terkenal," kenang Jin.

"Ini bukan tentang seberapa bahagia aku dengan pekerjaanku. Tapi ada orang yang benar-benar mencintai kami ketika kami bekerja keras. Hal itu saja sudah sangat bagus," lanjutnya.

BACA JUGA:Bikin Mewek! H-1 Wamil, V BTS Pamer Rambut Cepak, RM Tulis Surat Buat ARMY

BACA JUGA:7 Fakta Seru BTS yang Terungkap dalam Live Weverse Sebelum Wamil

Ada satu momen hangat yang terjadi di awal debut. Pada 2013 itu, ketika mereka merayakan ulang tahun gabungan Jungkook, Jimin, Jin, dan V, setiap member BTS berbagi pidato manis satu sama lain di depan ARMY.

Jin mulai meneteskan air mata saat membaca catatannya sendiri. "Sejujurnya, aku berpikir masa lalu itu tidak menyenangkan," katanya sambil menenangkan diri. "Hari-hari yang aku habiskan dengan rasa cemas telah berlalu."

4. Seperti Saudara


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-Koreaboo-

Hal lain yang mengharukan di 2 episode pertama adalah perkembangan hubungan para member BTS. Saking sudah bersama-sama sejak 2010, ketujuh member menjadi sangat dekat. Lebih dari sekadar saudara.

Ada satu momentum ketika keenam member lain menemani Jungkook menghadiri pesta kelulusan SMA. Kakak-kakaknya tergemas-gemas oleh si maknae (member termuda) yang lulus dari School of Performing Arts Seoul pada Februari 2017.

BACA JUGA:RM, Jimin, V, Jungkook BTS Pamit Wamil di Live Weverse, Kepala Botak Si Maknae Bikin Salfok

"Ih, Jungkook lucu banget sih," kata J-Hope. "Sana, main sama temenmu," sahut Jin, ketika Jungkook terus menerus menoleh ke arah member BTS.

"Gimana nih, dia enggak mau main sama temen sebayanya," lanjut Jin gusar. Persis ibu-ibu yang hendak melepas balitanya masuk paygroup.

Selain adegan tersebut, diperlihatkan pula ketika J-Hope menangis haru saat diberi kejutan ulang tahun oleh semua member. Jimin berkata, J-Hope boleh menangis sepuasnya. Bahkan Jimin menyuruh J-Hope menangis di pundaknya.

"Momen-momen itu merupakan bagian yang paling berharga dan bermakna dari semua ini," ungkap Jimin. "Aku pikir aku lebih sering mengenang saat-saat itu akhir-akhir ini. Kami menjadi lebih erat karena semua itu."

BACA JUGA:Berulang Tahun ke-31, Jin BTS Kirim Pesan Buat ARMY di Weverse: Aku Jadi Sersan!

BACA JUGA:Bikin Ngakak! Ini 5 Momen Terlucu Jin BTS yang Berulang Tahun ke-31 Hari Ini

5. Masa-masa Sulit


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-BigHit Music-

Awal karier BTS adalah masa-masa terberat mereka. Bagaimana tidak, saat itu mereka kekurangan berbagai hal karena BigHit masih belum sejaya sekarang.

Mereka memenangkan Daesang (penghargaan utama) Melon Music Awards 2013 sebagai New Artist of the Year. Alias rookie terbaik tahun itu. Mereka sangat bahagia. Namun kenyataan menghantam mereka begitu cepat.

"Kami mengira bahwa kehidupan kami akan berubah setelah menerima awards. Mungkin jalan kami lebih mulus, atau karier kami lebih berkembang," ungkap Jin. "Ternyata tidak," imbuhnya pahit.

BACA JUGA:31 Fakta Unik Jin BTS yang Berulang Tahun ke-31, si Worldwide Handsome yang Jago Ngomel

Di industri, BTS masih dipandang sebelah mata karena berasal dari agensi kecil. Bukan SM, YG, ataupun JYP. Hingga ujian paling keras datang pada era Danger.

Single yang dirilis pada Agustus 2014 itu flop. Penjualannya tak bagus, juga tidak menang kontes musik dalam negeri. Juga tidak dapat bertahan di tangga lagu Gaon. BTS merasa "tak sabar" melihat lagu mereka tak langsung berhasil.

Era Danger membuat member BTS memperdebatkan apakah gaya musik yang diusung saat itu cocok untuk mereka. Kegalauan-kegalauan semacam itu membuat mereka burnout.

Barulah pada 2015, kepercayaan diri RM dkk kembali. Saat itu, BTS memenangkan piala music show pertama mereka di dalam negeri dengan lagu I Need You dari album The Most Beautiful Moment in Life.

BACA JUGA:Happy Jin Day! Jin BTS Ulang Tahun ke-31, Intip Perjalanan Kariernya yang Penuh Inspirasi

6. Anxiety, Rumor, dan Kritikan Pedas


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-Koreaboo-

Seiring making populernya BTS, mereka mulai memiliki haters. Tidak banyak. Tapi para haters itu rajin memberikan komentar negatif terhadap boy group pelantun Dynamite dan Butter tersebut.

"Waktu itu adalah masa yang sangat sulit bagiku secara psikologis," ungkap RM dalam sebuah wawancara pada 2017. "Rasanya sangat putus asa, padahal seharusnya aku menjadi orang yang paling bahagia. Aku tidak bisa membuka internet pada hari ketika sebuah lagu dirilis."

BACA JUGA:Chukkae! Jimin BTS Dapat sertifikasi Platinum di AS Lewat Single Like Crazy

Memang benar apa yang dikatakan RM. Tahun 2017 adalah tahun yang sulit bagi BTS dan ARMY. Meskipun di tahun ini BTS berhasil mengepakkan sayap mereka di industri musik dunia, mereka juga diterpa banyak rumor negatif.

Pada saat itu, ada sebuah fandom yang menghembuskan rumor tentang Sajaegi, sebuah manipulasi data pembelian yang hampir sama dengan Payola. Intinya, BTS dituduh memanipulasi data hingga seolah-olah lagu mereka laku keras. Sehingga bisa masuk posisi teratas di berbagai tangga lagu.

Saking menyakitkannya, rumor itu menjadi inspirasi terciptanya lagu 2! 3! di album Wings.

BACA JUGA:Jimin dan Jungkook BTS Dikabarkan Satu Divisi dengan Jin Saat Wamil, Reaksi ARMY Bikin Ngakak

7. Awal Baru di AS


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-Vogue-

Meski pada 2017 BTS mengalami banyak hal sulit, mereka tetap bersemangat untuk membuat musik. Kali ini, mereka mengincar pasar yang lebih besar dari sekedar pasar musik Korea. Yakni AS.

BTS mulai menjadi topik hangat di Billboard Music Awards. Karena di momentum itu orang-orang melihat bagaimana kekuatan yang dimiliki oleh BTS dan ARMY. Benar saja, saat kembali ke Korea, BTS membawa satu penghargaan yaitu Top Social Artist.

"Rasanya seperti memulai sesuatu yang baru lagi," kata RM dalam BTS Monuments: Beyond the Star. "Aku membayangkan bagaimana jadinya jika kami menjadi tim yang sedikit lebih mahir secara budaya... Aku pikir menjadi sedikit canggung itu cukup menarik," ungkapnya.

BACA JUGA:Malam Indah Jungkook BTS: Masuk Top 10 Spotify Wrapped dan 2 Awards di MAMA 2023

BACA JUGA:Selamat! BTS Raih Worldwide Icon of the Year MAMA 2023 Keenam Beruntun

Episode 2 menampilkan pertemuan BTS dengan beberapa artis AS, termasuk Steve Aoki dan DJ Khalid. "Dalam istilah game, kami seperti naik level," kata Suga. "Kami memperoleh keterampilan baru, dan perasaan itu menyenangkan."

8. Hampir Bubar


8 Hal Mengesankan Yang Ada Di BTS Monuments, Film Dokumenter 10 Tahun Karier BTS-bts_bighit-

Menjelang akhir episode kedua, diperlihatkan Bang PD yang sedang duduk bersama para member BTS untuk berbicara masa depan mereka. Tujuannya, agar mereka tidak kelelahan dan merasa tidak puas saat berada di puncak kesuksesan.

"Wajar jika kita memiliki harapan yang lebih besar karena semuanya berjalan dengan baik, namun aku rasa tujuan kita tahun depan adalah menemukan cara untuk lebih bahagia," tuturnya pada para member BTS.

"Ini adalah sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh superstar lainnya... Aku benar-benar khawatir kalian akan menjadi tidak bahagia jika terus hidup seperti ini," katanya.

BACA JUGA:Seru dan Intimate, Ini 12 Foto Jungkook BTS dalam Konser Golden Live on Stage

Pada waktu itu, beberapa anggota mulai mempertimbangkan untuk keluar dari grup, seiring dengan semakin dekatnya pembaruan kontrak mereka dengan BigHit. Jin mengakui bahwa para member memiliki "perbedaan pendapat" tentang apakah akan melanjutkan atau tidak. Beberapa member "berpikir untuk berhenti."

"Kami mengalami apa yang dialami orang lain selama 20 tahun dalam berapa? Enam atau tujuh tahun saja? Tentu kami kelelahan," kata Suga. "Kami bekerja seperti robot sebagai imbas dari kesuksesan. Dan itu membuat kami harus berpikir ulang," ia mengaku.

Faktanya, ada sesuatu yang membuat para member BTS tetap melanjutkan kontrak dengan BigHit. Bahkan hingga saat ini. Sampai mereka menjadi semakin besar dan dicintai oleh banyak orang.

Yang membuat mereka makin sulit untuk disband... (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: