Selain Doyoung NCT, Ini 15 Idol K-Pop yang Dikecam karena Mempromosikan Starbucks

Selain Doyoung NCT, Ini 15 Idol K-Pop yang Dikecam karena Mempromosikan Starbucks

Selain Doyoung NCT, Inilah Beberapa Idol K-Pop yang Dikecam Karena Dianggap Mempromosikan Starbucks--X

HARIAN DISWAY - Dalam beberapa pekan terakhir, fans K-Pop ribut oleh adanya beberapa idol yang diduga melakukan soft selling produk-produk yang diboikot karena mendukung Israel. Misalnya McDonald's (McD) dan Starbucks.

Doyoung NCT menjadi salah seorang idol yang dihujat habis-habisan. Karena member NCT 127 itu baru saja ditunjuk sebagai brand ambassador McD. Dan membintangi iklan produk musiman mereka, Beef Prosperity.

McD dan Starbucks (juga beberapa merek AS yang lain) adalah dua brand yang sangat sensitif saat ini. Keduanya menjadi sasaran boikot hampir seluruh dunia karena mendukung agresi Israel ke Palestina.

BACA JUGA:Boikot! Doyoung NCT Dihujat Gara-Gara Jadi BA McD, Followers-nya Hilang 1 Juta

Namun, akhir-akhir ini, banyak sekali idol K-Pop yang tiba-tiba tertangkap kamera tengah mengkonsumsi kopi tersebut di depan umum. Misalnya, di tengah konser atau fan meeting. Mereka bahkan mengunggahnya di media sosial.

Hal ini terasa aneh bagi K-Popers. Sebab, para selebiriti biasanya menutupi merek suatu produk ketika menikmati produk tersebut di tempat umum atau di sebuah acara.

Aturan product placement di Korea sangat ketat. Hanya brand yang bekerja sama langsung dengan artis tersebut yang mereknya boleh diekspos. Lha, kok ini tiba-tiba ramai-ramai mengunggah foto sedang minum Starbucks?

BACA JUGA:Zara Cabut Iklan yang Dianggap Hina Korban Gaza Setelah Ancaman Boikot: Itu Kesalahpahaman

Berikut adalah beberapa idol K-Pop yang tertangkap kamera (atau bahkan memamerkan) mengkonsumsi Starbucks.

1. Jeon Somi


Selain Doyoung NCT, Inilah Beberapa Idol K-Pop yang Dikecam Karena Dianggap Mempromosikan Starbucks-Jeon Somi-TikTok

Unggahan Jeon Somi ini menjadi awal mula fans K-Pop curiga bahwa Starbucks sedang melakukan soft selling dengan memanfaatka para idol.

Pada tanggal 24 Desember 2023 lalu, melalui akun Tiktok pribadinya, Somi terlihat sedang membubuhkan make up. Tapi, di sela-selanya, dia minum Starbucks dari tumbler stud edisi musim gugur 2022. Dengan santai, dia menyesap minuman dari dalam tumbler tersebut.

Video tersebut lantas viral di kalangan K-Popers. Terutama mereka yang menggunakan Twitter atau X. Video tersebut membuat Somi menerima banyak kecaman dari netizen.

BACA JUGA:Zara Terancam Boikot Besar-besaran Gara-Gara Hina Korban Gaza, Kok Bisa?

2-5. Wonyoung, Yujin, Leeseo, dan Gaeul IVE


Selain Doyoung NCT, Inilah Beberapa Idol K-Pop yang Dikecam Karena Dianggap Mempromosikan Starbucks-falling__fall-Instagram

Berbeda dengan Somi, Wonyoung dan Yujin terlihat memegang kopi Starbucks di tangan mereka. Sedangkan Gaeul malah lebih parah. Dia mengunggah foto segelas green tea latte Starbucks di Instagram pribadinya. Di feed pula. Bukan Story yang hilang dalam 24 jam.

Produk itu disembunyikan di bagian paling belakang carousel photo yang diunggah pada 8 Desember 2023. Namun, fans menemukannya. Dan meminta Gaeul menghapus unggahan itu. DIVE (fandom IVE) mengaku kecewa dengan apa yang dilakukan oleh idola mereka.

BACA JUGA:Totalitas Bela Palestina, MUI Keluarkan Fatwa Boikot Produk-Produk yang Dukung Israel

BACA JUGA:Saham Starbucks dan McDonalds Anjlok: Imbas Pemboikotan Produk AS-Israel

6-8. Bahiyyih, Xiaoting, dan Yujin Kep1er


Selain Doyoung NCT, Inilah Beberapa Idol K-Pop yang Dikecam Karena Dianggap Mempromosikan Starbucks--X

Tak jauh berbeda dengan beberapa member IVE di atas, Bahiyyih dan Yujin Kep1er juga terlihat tengah menyeruput Starbucks di foto terbaru mereka. Pose mereka bahkan seperti sengaja memperlihatkan logo brand. Hal itu membuat netizen berspekulasi bahwa mereka secara diam-diam mempromosikan produk kopi asal AS tersebut.

9-10. Jisoo dan Jennie BLACKPINK


Selain Doyoung NCT, Inilah Beberapa Idol K-Pop yang Dikecam Karena Dianggap Mempromosikan Starbucks--X

Pelantun Flower ini tak lepas dari kecaman netizen. Beberapa hari lalu, Jisoo BLACKPINK mengunggah Instagram story yang menunjukkan segelas iced americano dalam gelas plastik Starbucks.

Jauh sebelum Jisoo, Jennie juga pernah berpose dengan segelas Starbukcs di tangan. Pada 29 November 2023, pelantun You & Me itu mengunggah foto yang memperlihatkan dirinya berdiri di depan pohon Natal sambil memegang Starbucks. BLINKS (sebutan fans BLACKPINK) sangat kecewa dengan mereka.

BACA JUGA:FOA Boikot Kurma Israel lewat Gerakan #CheckTheLabels

11. Siwon Super Junior


SELAIN Doyoung NCT, inilah beberapa idol K-Pop yang dikecam karena mempromosikan Starbucks.-Instagram Siwon Choi-

Tak hanya para idol belia saja yang tampak seperti mempromosikan Starbucks. Idol dari generasi kedua juga melakukan hal yang sama. Siwon Super Junior membagikan foto saat ia sedang bersantai di dalam mobilnya sambil menikmati Starbucks. Foto itu diunggah di akun instagramnya @siwonchoi pada 17 Desember 2023.

Sebelumnya, Siwon memang sudah lama menerima kecaman dari warganet karena dianggap mendukung Israel secara terang-terangan. Ia pernah menghadiri acara diplomatik yang dihadiri para pejabat Israel. Dan ia berfoto bersama mereka.

Namun, unggahan Starbucks itulah yang membuat fans benar-benar murka. Mereka mengungkapkan kemarahan di kolom komentar.

BACA JUGA:Eunhyuk Super Junior dan Bobby iKON Hapus Unggahan McD dan Starbucks, Netizen: Respect!

"Sudah 14 tahun aku mengagumimu Mas. Saya pamit undur diri," tulis fans asal Indonesia yang bertekad meng-unfollow Siwon.

"Jadi duta UNICEF tapi minumnya Starbucks. Di situ ada darah anak-anak Palestina, lho," tulis fans lain.

Sementara itu, ada juga fans yang menyebut bahwa dengan kekayaan Siwon (ayahnya mantan CEO perusahaan farmasi), ia mempromosikan Starbucks bukan hanya demi uang.

"Dengan segala uang yang kamu punya, aku yakin kamu melakukan ini bukan semata karena dibayar. Ini menunjukkan posisi dan pendirianmu. Hanya orang gila yang membela genosida," tulis fans tersebut. Hingga kini, Siwon belum menghapus unggahan tersebut.

BACA JUGA:Sumbang 1,5 Miliar untuk Palestina, McDonalds Indonesia Patahkan Isu Afiliasi dengan Jaringan Outlet di Israel

12. Hoshi Seventeen

Hoshi Seventeen mengunggah sebuah foto ke akun Weverse pada 18 Desember 2023. Ia menunjukkan produk Starbucks saat berada di dalam pesawat. Foto tersebut dilengkapi dengan caption yang berbunyi, "Romantis, ketika pesawat akan mendarat kamu harus memegangnya. Takut nanti jatuh."

13-15. aespa


Selain Doyoung NCT, Inilah Beberapa Idol K-Pop yang Dikecam Karena Dianggap Mempromosikan Starbucks--X

Tiga member aespa, yakni Ning Ning, Winter, dan Giselle terlihat menghadapi segelas kopi Starbucks di meja saat fan meeting. Hal tersebut lantas langsung viral di media sosial. Namun, fans menjelaskan bahwa kopi tersebut disediakan oleh para staf acara tersebut. Dan member aespa sama sekali tak meminum kopi suguhan itu.

Nah, itulah daftar idol yang terlihat tengah mengkonsumsi Starbucks. Benarkah mereka dibayar untuk melakukan soft selling produk yang tengah mengalami boikot di mana-mana?

Belum ada konfirmasi dari agensi terkait dugaan fans tersebut. Namun, melihat begitu masif dan terang-terangannya unggahan para idol, wajar kalau fans berpikir yang enggak-enggak. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber