Tandai HUT ke-59, Telkom Gelontorkan Bantuan Rp 560 Juta untuk Dukung Kemajuan 356 Pelaku UMKM

Tandai HUT ke-59, Telkom Gelontorkan Bantuan Rp 560 Juta untuk Dukung Kemajuan 356 Pelaku UMKM

Penyerahan bantuan yang menandai ulang tahun Tekom Indonesia ke-59. Telkom berkomitmen melakukan yang terbaik untuk membangun Indonesia. Khususnya di bidang ICT dan mendukung kemajuan UMKM. -Telkom Indonesia-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Komisaris Telkom Group Ismail menyerahkan bantuan senilai Rp 560 juta untuk 365 pelaku UMKM yang telah memproduksi kemasan 236.500 pcs, pada 4 Juli 2024.

Prosesi simbolis dilakukan di Rumah UMKM Superheru Snack Factory di Kecamatan Pakis, Malang. Didampingi Chief Financial & Risk Officer Telkom Grup Heri Supriadi dan EVP Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Teddy Hartadi.

Ismail menegaskan bahwa hal itu menandai ulang tahunnya yang ke-59 Telkom Indonesia. Utamanya terkait komitmen melakukan yang terbaik untuk membangun Indonesia. Khususnya di bidang ICT dan mendukung kemajuan UMKM.

BACA JUGA: Workshop Persembahan Telkom Regional V-Microsoft 365 Ini Bantu Para Guru di Jatim Majukan Transformasi Digital Pendidikan

Dijelaskannya, pada dasarnya, UMKM adalah sebuah bisnis atau usaha produktif yang dijalankan secara perorangan, kelompok, rumah tangga, atau badan usaha kecil yang memenuhi standar sebagai usaha mikro. 

"UMKM adalah bisnis yang dikelola oleh masyarakat dari kalangan menengah ke bawah. Kehadirannya turut serta dalam mendorong pemerataan ekonomi," jelasnya. 

Usaha produktif ini berpeluang dalam memperkecil jurang ekonomi antara yang miskin dengan yang kaya. Sehingga UMKM secara langsung turut membantu pemerintah dalam mencegah munculnya urbanisasi secara besar-besaran.

BACA JUGA: Telkom Regional V Jatim Bali Nusra Salurkan Bantuan Gempa Bawean Senilai Rp 140 Juta

Dalam kesempatan itu, pemilik Superheru Snack Factory Heru Nurwahyudin menjelaskan kisah suksesnya. Selama ini dengan dukungan banyak pihak, usahanya berhasil memiliki sepak terjang dan jangkauan bisnis yang luas di kalangan UMKM. 

Beragam penghargaan berhasil diraih. ulai dari Best Sales, Best Attractive Both UKM WOW 2017. Ia sendiri sering diundang menjadi pembicara di seminar pelatihan. “Pada 2020 diundang Kick Andy acara talk show motivasi di Metro TV,” katanya.

Dengan segudang pencapaian yang berhasil diraih Superheru Snack Factory dan UMKM binaan Telkom lainnya, Telkom turut bangga karena pencapaian tersebut juga menunjukkan kesuksesan Telkom dalam membina UMKM selama ini.

BACA JUGA: Telkomsel dan Tagana Malang Raya Latihan Kebencanaan

Terlebih sejak peluncuran produk Indibiz yang berfokus pada segmen pebisnis. Ditambahkan Ismail UMKM Snack Super Heru menjadi bukti bahwa usaha bisnis bisa dibangun dengan modal yang minim dan ketekunan.

Hanya dengan modal awal ratusan ribu rupiah, produsen snack asal Desa Asrikaton, Kecamatan Pakis, Malang, itu bisa menjadi pebisnis besar. Bahkan kini bisa meraup omzet ratusan juta rupiah per tahun. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: