Persiapan Paskah Paroki Hati Kudus Yesus, Gongnya di Teater Penyaliban Yesus saat Jumat Agung

Persiapan Paskah Paroki Hati Kudus Yesus, Gongnya di Teater Penyaliban Yesus saat Jumat Agung

Ketiga romo Paroki Hati Kudus Yesus Katedral, Surabaya saat menghadiri konferensi pers perayaan Paskah Paroki Hati Kudus Yesus Katedral, Surabaya, 28 Maret 2024-Sahirol Layeli - Harian Disway -

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Tiga pemuka agama Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus (HKY) Katedral, SURABAYA, duduk berjajar di depan aula lantai dua gereja. Mereka adalah Romo Robertus Theo Elno Respati, Romo Cornelius Triwidya Tjahja Utama, dan Romo Dominicus Mardiyatto. 

Pakaian ketiganya seragam. Kemeja hitam dipadukan dengan kolar putih di depan leher. Kolar itu menegaskan bahwa mereka adalah seorang imam. Ketiganya membahas persiapan pekan suci Paskah 2024 di Paroki Hati Kudus Yesus (HKY) Katedral.

"Kami menyiapkan masa Prapaskah sebaik mungkin. Dalam upaya membangun Gereja yang Satu, Kudus, Katolik, dan Apostolik," ujar Romo Cornelius Triwidya Tjahja Utama atau yang akrab disapa Romo Tommy itu, Kamis, 28 Maret 2024.

Persiapan panitia Paskah Gereja Hati Kudus Yesus tak main-main. Sebanyak 5 ribu kursi disediakan bagi umat Katolik Kota Surabaya. 

BACA JUGA:Kamis Putih: Perjamuan Kudus, Pembasuhan Kaki, dan Maknanya

BACA JUGA:Kamis Putih, Paus Fransiskus Basuh Kaki 12 Napi Remaja

Konferensi pers perayaan Paskah 2024 Paroki Hati Kudus Yesus Katedral, Surabaya, 28 Maret 2024-Sahirol Layeli - Harian Disway -

"Karena gereja akan dihadiri banyak umat," sambung Romo Tommy. 

Tenda putih besar berdiri gagah di halaman gereja. Tenda itu disangga besi-besi berkaki enam. Di bawah tenda tersebut sudah rapi berjajar kursi-kursi yang akan diduduki umat.

Pada perayaan misa mingguan biasa, halaman gereja itu digunakan sebagai tempat parkir mobil. Namun, untuk menyambut Hari Raya Paskah panitia menggunakan halaman gereja sebagai alternatif jika umat yang datang membeludak. 

Romo Theo, sapaan akrab Romo Robertus Theo Elno Respati, membeberkan rangkaian acara Tri Hari Suci yang disusun Gereja Katolik Paroki Hati Kudus Yesus, Surabaya. 

BACA JUGA:Umat Kristiani Rayakan Kamis Putih, Basuh Kaki Tanda Pelayanan

BACA JUGA:Kupas Pengkhianatan Yudas di Kamis Putih

Romo Cornelius Triwidya Tjahja Utama menjelaskan rangkaian acara perayaan Paskah Paroki Hati Kudus Yesus Katedral, Surabaya, 28 Maret 2024-Sahirol Layeli - Harian Disway -

Tri Hari Suci (Triduum) itu diawali Misa Kamis Putih yang identik dengan pembasuhan kaki. Setelah itu ada Jumat Agung (29 Maret 2024), dan Sabtu Suci (30 Maret 2024). Romo Theo menambahkan bahwa pada Jumat pagi akan ada teater penyaliban Yesus yang digagas oleh komunitas OMK (Orang Muda Katolik) Paroki. 

"Mereka (komunitas OMK, Red) sudah menyiapkan teater itu mulai sejak November 2023. Besok jam 8 pagi dimulai," ucap Romo yang ditahbiskan menjadi pada 2020 itu. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: