Rayakan Hari Film Nasional, Universitas Dinamika Surabaya Gelar Ngabuburit Sambil Diskusi Film

Rayakan Hari Film Nasional, Universitas Dinamika Surabaya Gelar Ngabuburit Sambil Diskusi Film

Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional, Universitas Dinamika menggelar acara screaning film karya Kemendikbud dan Prosfisi.-Humas Universitas Dinamika -

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Dalam rangka memperingati Hari Film Nasional 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik dan Media (PMM) menggelar acara screening film di Univesitas Dinamika SURABAYA

Selain Kemendikbudristek, kegiatan bertajuk ‘Ngabarin Film (Ngabuburit Bareng Insan Film)’ juga diinisiasi oleh Perkumpulan Program Studi Film dan Televisi Indonesia (Prosfisi).

Universitas Dinamika menjadi salah satu dari 10 kampus yang terpilih menjadi tuan rumah. Acara telah berlangsung di Arena Prestasi lantai 9 Universitas Dinamika (STIKOM Surabaya), Kamis, 28 Maret 2024. 

BACA JUGA:Peringati Hari Film Nasional, Menparekraf Ajak Kolaborasi untuk Memperkuat Industri Film Indonesia

Hari Film Nasional (HFN) sendiri diperingati setiap tanggal 30 Maret. Adapun rangkaian acara ini dimulai dengan penayangan tiga film. 

Film pertama berjudul Stroke karya PMM Kemendikbud. Dilanjut dengan film Kumari karya teman-teman Prosfisi. Dan yang tak kalah menarik, ada film berjudul Sosials karya tugas akhir mahasiswa PFTV Universitas Dinamika.

Acara kemudian berlanjut dengan sesi diskusi dengan 3 narasumber (sineas) di dunia perfilman. Ada produser dari film Stroke Habil Fachryl, dan Bahruddin pernah menjadi juri Festival Film Indonesia (FFI) 2021 dan 2022.

Ketua pelaksana acara ‘Ngabarin Film’ Sutikno bersyukur acaranya berjalan lancar dan mendapat animo tinggi. Diikuti oleh masyarakat umum, komunitas-komunitas film di Surabaya, dan siswa-siswi SMA/SMK Surabaya yang memiliki ekstrakurikuler atau jurusan perfilman dan televisi. 

“Ada lebih dari 100 orang yang datang di acara ini untuk menonton film serta mengikuti sesi diskusi film bersama sineas,” kata Sutikno dalam pernyataan resmi yang diterima Harian Disway pada Sabtu, 30 Maret 2024.

Selain di STIKOM Surabaya, screening film juga diselenggarakan secara serentak di 9 kampus lain. Seperti Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, Institut Seni Jakarta (IKJ), dan kampus lainnya.

“Kami menjadi perwakilan dari Jawa Timur yang dipilih oleh Prosifisi untuk bisa menggelar acara ini,” ujar Kepala Program Studi (Kaprodi) PFTV Universitas Dinamika Muhammad Bahruddin dengan bangga.

BACA JUGA:12 Film Indonesia Tayang di Bioskop pada Maret 2024, Ada Kartolo Numpak Terang Bulan yang Harus Anda Tonton!

Menurutnya, dunia perfilman di Indonesia saat sudah berkembang pesat. Banyak bermunculan workshop-workshop perfilman yang bisa diikuti untuk menambah ilmu dan pengalaman, di luar belajar di sekolah atau kampus.

“Bagi teman-teman yang berminat untuk menekuni dunia perfilman, jangan berkecil hati terlebih dahulu sebelum memulai,” seru Bahruddin menyemangati calon-calon sineas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: