Resmikan Pos Koordinasi Pusat Lebaran Terpadu 2024, Menhub Ingin Optimalkan Layanan untuk Pemudik

Resmikan Pos Koordinasi Pusat Lebaran Terpadu 2024, Menhub Ingin Optimalkan Layanan untuk Pemudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memimpin rapat koordinasi antarsektor jelang mudik 2024. -Kementerian Perhubungan-Instagram.com/budikaryas

Jakarta, HARIAN DISWAY - Pos Koordinasi Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 resmi dibuka oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi pada Rabu 3 April 2024 lalu.

Menhub juga berkesempatan memimpin rakor yang dihadiri instansi lintas sektoral. Ia mengatakan pergerakan masyarakat yang masif harus diantisipasi dengan sarana prasarana yang andal di semua sektor.

Hal ini disampaikan dengan fakta meningkatnya jumlah pemudik sebesar 193,6 juta orang. Berdasarkan survei Badan Kebijakan Transportasi Kemenhub.

BACA JUGA: Antisipasi Lonjakan Kendaraan, Penyeberangan Jawa-Sumatera Akan Dibagi ke 3 Pelabuhan

Menurut Menhub, peningkatan jumlah pemudik dibandingkan tahun lalu, sebesar 123 juta pemudik, menjadi "peringatan” untuk mematangkan persiapan menjelang mudik dengan serius.

“Angka ini memang besar dan termasuk di dalamnya pergerakan di dalam kota, antarkota di aglomerasi hingga antarprovinsi. Aglomerasi ini seperti di Jabodetabek, Yogyakarta dan sekitarnya maupun Surabaya dan tempat-tempat yang lain,” ujar Menhub.

Mudik 2024 bertajuk Mudik Ceria Penuh Makna menjadi komitmen Kemenhub dengan stakeholder terkait untuk memberikan pelayanan terbaik dengan harapan pelaksanaan mudik Lebaran 2024 dapat berjalan dengan aman, nyaman, selamat, dan berkesan.

BACA JUGA: Contraflow dan Ganjil Genap Berlaku Mulai Lebaran 2024, Cek Tanggal dan Titiknya!

Menhub meminta seluruh pihak, baik pemerintah pusat hingga daerah, untuk siap mengantisipasi lonjakan pemudik, sesuai arahan dari Presiden Joko Widodo.

Terpantau wilayah Jawa Tengah menjadi daerah tujuan perjalanan terbesar, sementara Jawa Timur sebagai daerah asal perjalanan terbesar. "Sejalan dengan itu, Bapak Presiden juga mengimbau agar masyarakat melakukan mudik lebih awal," katanya.

"Ini penting untuk menghindari penumpukan kendaraan pada puncak arus mudik yang diprediksi jatuh pada 6 sampai 8 April 2024, serta puncak arus balik pada 14 April 2024,” ungkap Menhub.

BACA JUGA: Suguhkan Pemandangan Indah, Jalur Pansela Jadi Opsi Mudik Lebaran 2024

Posko Pusat Angkutan Lebaran Terpadu 2024 mulai operasional sejak tanggal 3 hingga 18 April 2024. Pos ini berperan sebagai command center yang memantau pergerakan transportasi, serta menjadi pusat koordinasi dan kolaborasi antarpetugas. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: kementrian perhubungan