Kenali Gelombang Panas Ekstrem dan Tips Menghadapinya

Kenali Gelombang Panas Ekstrem dan Tips Menghadapinya

Cuaca Panas DKI Jakarta Masih terus Melanda?-freepic-

HARIAN DISWAY - Gelombang panas adalah fenomena cuaca ekstrem yang dapat memengaruhi kesehatan manusia serta lingkungan sekitar. Gelombang panas terjadi ketika suhu udara secara signifikan meningkat di suatu wilayah dalam waktu yang relatif singkat. Fenomena ini seringkali disebabkan oleh kondisi atmosfer yang kering dan berangin serta adanya tekanan tinggi yang bertahan lama di suatu wilayah. 

Gelombang panas berdampak signifikan terhadap kesehatan manusia dan lingkungan. Pada manusia, gelombang panas dapat menyebabkan dehidrasi, kelelahan panas, hingga terjadinya penyakit serius seperti heatstroke. Sedang pada lingkungan, gelombang panas dapat menyebabkan kekeringan, penurunan kualitas udara, hingga kebakaran hutan.

Tips Hadapi Gelombang Panas

1. Pastikan untuk minum air dalam jumlah yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi. Hindari minuman yang mengandung kafein atau alkohol karena dapat meningkatkan risiko dehidrasi semakin tinggi.

2. Batasi aktivitas di luar ruangan terutama pada saat suhu udara paling tinggi. Biasanya suhu paling tinggi terjadi antara pukul 10 pagi hingga 4 sore.

BACA JUGA:BMKG Ungkap Misteri Cuaca Panas dan Apa yang Terjadi di Indonesia

BACA JUGA:Takut Kulit Bermasalah karena Cuaca Panas Ektrem? Ini 4 Cara Menghindarinya

3. Pilihlah pakaian yang longgar, berwarna terang, dan berpori cukup agar tubuh tetap sejuk. Hindari penggunaan pakaian berbahan sintetis yang dapat membuat Anda merasa lebih panas.

4. Kenakan topi, kacamata hitam, dan gunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

5. Gunakan AC atau kipas angin untuk menjaga suhu di dalam rumah tetap nyaman. Pastikan juga untuk mengurangi penggunaan peralatan listrik yang dapat meningkatkan suhu di dalam rumah.

6. Pastikan untuk memeriksa kondisi kesehatan keluarga, tetangga, dan teman yang rentan terhadap dampak gelombang panas, seperti orang tua, anak-anak, atau orang yang menderita penyakit kronis.

BACA JUGA:Waspada, Cuaca Panas Tingkatkan Penyakit Tipes, Vaksinasi dan Jaminan Air Bersih Jadi Sangat Penting

BACA JUGA:Cuaca Panas Kian Ekstrem, Ini 7 Rekomendasi Sunscreen Terbaik untuk Semua Tipe Jenis Kulit

7. Pelajari tanda-tanda bahaya dari kondisi terlalu panas seperti pusing, mual, kelelahan yang ekstrem, kulit kemerahan, dan hilangnya kesadaran. Segera cari bantuan medis jika Anda atau seseorang di sekitar Anda mengalami gejala-gejala tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: