7 Tips Sederhana untuk Redakan Nyeri Haid, Bukan Cuma Kompres Air Panas!

7 Tips Sederhana untuk Redakan Nyeri Haid, Bukan Cuma Kompres Air Panas!

Sanyonara yeri haid! 6 tip sederhana bantu redakan nyeri haidmu--freepik

HARIAN DISWAY - Nyeri haid, dismenore dalam istilah medis, bagaikan tamu tak diundang yang mengganggu kenyamanan para perempuan setiap bulan. Rasa sakit, kram, dan kelelahan yang menyertainya dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Dan sangat berpotensi mengganggu mood.

Nyeri haid biasanya dimulai setelah ovulasi. Ketika ovarium melepaskan sel telur yang mengalir ke saluran tuba.

"Pada sekitar 10 persen perempuan yang sedang menstruasi, ketidaknyamanan ini cukup parah sehingga memengaruhi kehidupan sehari-hari mereka selama 1–3 hari setiap bulan," terang Valinda Riggins Nwadike, spesialis kandungan, dalam Medical News Today.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Herbal Pelancar Haid yang Efektif

Namun, jangan khawatir! Nyeri haid bukan hal yang tak bisa diatasi. Berdasarkan beberapa jurnal yang membahas tentang Period Pain di National Library of Medicine, ada beberapa tips sederhana yang bisa kamu lakukan untuk meredakannya.

Simak 7 cara mengurangi nyari haid berikut ini.

1. Kompres Hangat


Rasa nyaman yang diperoleh dari kompresan air panas dapat membantu meredakan kram dan ketegangan.-rawpixel-

Panas memiliki efek ajaib untuk merilekskan otot dan melancarkan aliran darah. Hal itu teungkap dalam tulisan J J Lee SH dalam jurnal berjudul Heat Therapy for Primary Dysmenorrhea: A Systematic Review and Meta-Analysis of It's Effects of Pain Relief and Quality of Life yang terbit pada 2018.

Manfaatkan kompres hangat atau botol berisi air hangat untuk memberikan pelukan hangat pada perut bagian bawah selama 15-20 menit, beberapa kali sehari. Rasa nyaman yang diperoleh akan membantu meredakan kram dan ketegangan.

BACA JUGA:5 Rekomendasi Herbal Pelancar Haid yang Efektif

2. Olahraga Ringan


Olahraga ringan seperti yoga dapat membantu meredakan kram, meningkatkan endorfin, dan menjaga mood tetap positif.--freepik

Siapa sangka, olahraga ringan seperti berjalan kaki, yoga, atau berenang dapat menjadi pahlawan dalam memerangi nyeri haid?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber