Kata Veddriq Leonardo Setelah Raih Emas di Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Kata Veddriq Leonardo Setelah Raih Emas di Cabor Panjat Tebing Olimpiade Paris 2024

Veddriq Leonardo peraih medali emas pertama cabor panjat tebing-tangkapan layar instagram @kemenpora-

HARIAN DISWAY - Emas itu akhirnya dalam genggaman. Veddriq Leonardo meraih emas Olimpiade Paris 2024. Emas pertama Indonesia di Paris. Veddriq memenangkan nomor speed putra pada Kamis, 8 Agustus 2024 di Le Bourget Climbing Venue, Paris.

Veddriq meraih emas itu setelah di final mengalahkan climber Tiongkok, Wu Peng. Ia mencatatkan waktu 4,75 detik. Sedangkan Wu Peng tertinggal 0,02 detik di belakangnya. Yakni 4,77 detik.

"Senang sekali, Alhamdulillah," kata Veddriq Leonardo penuh syukur, dalam pernyataan yang dirilis lewat NOC Indonesia.

BACA JUGA:Profil dan Daftar Prestasi Veddriq Leonardo, Peraih Emas Olimpiade yang Saat Kecil Suka Panjat Pohon

"Terima kasih masyarakat Indonesia. Olahraga ini baru tapi diberi kepercayaan dan bisa dibuktikan dengan meraih emas. Bersyukur untuk pencapaian ini dan saya pun bangga atas pencapaian ini," tuturnya.


Veddriq Leonardo rebut emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024.-Jonathan Nackstrand-AFP

"Medali emas ini berkah dan ini juga merupakan kerja keras, usaha, dedikasi semua tim pelatih, atlet, teman keluarga yang telah memberikan doa dan dukungan," paparnya.

"Ini juga kado buat Indonesia di ulang tahun ke-79," imbuh climber 27 tahun asal Pontianak, Kalimantan Barat, tersebut.

Veddriq tampil meyakinkan di perempat final. Ia melesat mengalahkan Bassa Mawem asal Prancis. Veddriq meraih waktu 4,88 detik. Jauh dari Mawem yang memiliki catatan 5,26 detik.

BACA JUGA:Kegigihan Veddriq Leonardo Berbuah Emas Olimpiade Paris, Berlatih di Tengah Kabut Asap Kalimantan

BACA JUGA:Akhirnya! Veddriq Leonardo Rebut Emas Pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024

Pada semifinal, Veddriq juga tak terkejar dari Reza Alipour (Iran). Veddriq meraih personal best pertamanya pada hari ini. Climber asal Pontianak itu meraih waktu 4.78 detik. Sedangkan Alipur 4.84 detik.

Kejutan terjadi di pul yang lain. Pemegang rekor dunia asal AS, Samuel Watson, kalah dari Wu Peng. Wu Peng menyalip Watson dengan waktu 4,85 detik di detik-detik akhir. Watson meraih catatan 4,93 detik.


Veddriq Leonardo rebut emas pertama Indonesia di Olimpiade Paris 2024. Foto: Ekspresi Veddriq ketika menang atas Wu Peng di final, 8 Agustus 2024. Ia mencatat waktu 4,75 detik. -Jonathan Nackstrand-AFP

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: noc indonesia