Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Rampung Tahun Ini, Tahap II Ditargetkan Selesai Tahun Depan

Pembangunan Infrastruktur Dasar Batch I IKN Rampung Tahun Ini, Tahap II Ditargetkan Selesai Tahun Depan

Kementerian PUPR dan OIKN Mulai Pembangunan Batch 2 di IKN-PUPR-

HARIAN DISWAY - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus menunjukkan progres yang signifikan. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) sekaligus Pelaksana Tugas Kepala Otorita IKN, Basuki Hadimuljono, menegaskan bahwa infrastruktur dasar tahap pertama (batch I) IKN hampir rampung dan siap diselesaikan pada tahun ini.

Seiring dengan pencapaian ini, Kementerian PUPR dan OIKN telah memulai pembangunan infrastruktur dasar tahap kedua (batch II), yang mencakup berbagai proyek strategis.

Pada batch kedua, Kementerian PUPR akan melanjutkan pekerjaan penting seperti pembangunan Jalan Tol IKN, hunian untuk Aparatur Sipil Negara (ASN), serta gedung perkantoran. Selain itu, pembangunan Kawasan Investasi di IKN juga mulai digarap.

Untuk mendanai proyek-proyek ini, Kementerian PUPR telah menyiapkan anggaran sebesar Rp4,19 triliun dari total pagu indikatif 2025. Anggaran ini akan digunakan untuk pembangunan infrastruktur sumber daya air, jalan dan jembatan, permukiman, serta Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Sepaku.

BACA JUGA:Progres Pembangunan IKN Melampaui Target, Infrastruktur Dasar Hampir Selesai

BACA JUGA:Kementerian PUPR Gelar Pembinaan untuk Pekerja Konstruksi IKN, Wajib Penuhi Standard!

Proyek infrastruktur sumber daya air yang akan dikerjakan meliputi pengendalian banjir di Daerah Aliran Sungai (DAS) Pemaluan, pembangunan intake dan pipa transmisi air baku, serta pemeliharaan sarana prasarana seperti Bendungan Sepaku Semoi dan Intake Sepaku.


Intake bendungan Sepaku Semoi akan menyuplai air bersih ke Kawasan Inti Pusat Pemerintahan IKN-OIKN-

Sementara itu, pada sektor jalan dan jembatan, Kementerian PUPR akan melanjutkan pembangunan Jalan Tol Seksi 3A-2 Segmen Karangjoang-KKT Kariangau, Jalan Tol Seksi 3B-2 Segmen KKT Kariangau - SP Tempadung, serta melakukan pengawasan teknik duplikasi Jembatan Pulau Balang Bentang Pendek II.

Pada bidang infrastruktur permukiman, pembangunan Gedung Wing 2 dan Kawasan Kantor Kementerian PUPR akan menjadi fokus utama.

Selain itu, Kementerian PUPR juga akan membangun Gedung dan Kawasan Kantor OIKN, Sarana dan Prasarana Pemerintahan II, serta Jaringan Perpipaan Air Limbah di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN.

BACA JUGA:Uji Coba Kereta Otonom di IKN: Siap Digunakan, Bisa Tampung 300 Orang!

BACA JUGA:Sejumlah Tokoh 9 Naga Jadi Sorotan setelah Hadiri Upacara di IKN, Inilah Sosok Mereka!

Infrastruktur perumahan juga menjadi prioritas dengan fokus pada lanjutan pembangunan hunian untuk TNI serta rusun ASN dan Hankam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: