Colapinto dan Poin Pertama Tim Williams Formula 1

Colapinto dan Poin Pertama Tim Williams Formula 1

Foto bersama kru paddock tim Williams, usai kedua pembalapnya catatkan hasil baik di GP Azerbaijan (15/9) lalu--Twitter Williams Racing @WilliamsRacing

HARIAN DISWAY - Ada kejutan lain dari gelaran Grand Prix di Sirkuit Baku City, Azerbaijan, yang datang dari paddock salah satu tim balap legendaris "Jet Darat", Williams F1.

Keberhasilan ini seolah berkah tak terduga, diuntungkan oleh insiden antara Sergio Perez dan Carlos Sainz.

Dalam balapan keduanya untuk tim Williams, pembalap rookie Franco Colapinto berhasil mengubah akhir pekannya. Setelah tersingkir di sesi FP1, ia mampu mencetak poin di Grand Prix Azerbaijan.

Colapinto sebenarnya masih aktif di ajang Formula 2, namun keputusan Williams F1 untuk memutus kontrak Logan Sargeant pada akhir Agustus lalu menjadi peluang besar bagi karier Colapinto.

Dengan membangun performa kualifikasi yang kuat, meskipun memulai balapan dari posisi ke-8, Colapinto mampu mempertahankan posisi tersebut hingga garis finis.

BACA JUGA:Insiden Lap ke-50 GP Azerbaijan: Sainz dan Perez Terpaksa Keluar, F1 Putuskan Tidak Ada Tindakan Lebih Lanjut

BACA JUGA:GP Azerbaijan: Sirkuit Baku City yang Sering Menghancurkan Harapan Pembalap

Ditambah dengan rekan setimnya, Alex Albon, yang finis di posisi ke-7, hasil ini membawa Williams F1 meraih poin ganda pertama mereka sejak Grand Prix Amerika Serikat 2023.

Keberhasilan Colapinto juga menorehkan sejarah baru, menjadikannya pembalap Argentina pertama yang finis di 10 besar sejak era Carlos Reutemann pada musim 1982.

Perjalanan Colapinto di Baku dimulai dengan kecelakaan kecil di sesi FP1, namun ia mampu bangkit dan menjalani sesi kualifikasi yang penuh tantangan.

Ia mengakhiri akhir pekan dengan empat poin di sirkuit jalanan yang terkenal rumit, menunjukkan kepercayaan diri serta kecepatannya sebagai pembalap Formula 1 yang patut diperhitungkan.

"Sejujurnya, rasanya luar biasa. Saya sangat senang dan bangga dengan tim. Apa yang kami capai bersama sungguh luar biasa, dan saya bangga atas kerja keras dan upaya yang kami lakukan," kata Colapinto.

BACA JUGA:GP Azerbaijan: Oscar Piastri Juara, McLaren Kembali ke Puncak Klasemen Konstruktor!

BACA JUGA:GP Azerbaijan: Ini Daftar Pole Position dan Juara 2016-2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: