Happy Anniversary IU! 5 Faktor yang Bikin Lee Ji Eun Jadi Seniman Tersukses Korea

Happy Anniversary IU! 5 Faktor yang Bikin Lee Ji Eun Jadi Seniman Tersukses Korea

Happy Anniversary IU!! Intip Perjalanan Karir IU dari Debut--X

Single itu sendiri merupakan lagu utama dari album debutnya, Lost and Found, yang dirilis pada pada 22 September 2008.

Apakah debut itu berjalan mulus? Tidak juga. IU ingat, penonton melontarkan celaan dan hinaan kepadanya selama dia tampil. Sebagai remaja berusia 15 tahun, tentu IU sangat sedih. Dia merasa putus asa.

Untungnya, IU tidak menyerah. Karena lewat album Lost and Found, dia meraih penghargaan Rookie of the Month dari Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata pada November 2008. Meskipun album itu tidak berhasil secara komersial.

"Album pertamaku gagal, tapi aku bersyukur atas hal itu," kata IU dalam sebuah wawancara pada 2011. "Jika aku langsung sukses setelah debut, aku tidak akan menghargai para stafku dan popularitas yang aku miliki," tuturnya bijak.

BACA JUGA:5 Makna di Balik MV Love Wins All IU dan V BTS yang Supersedih Versi Sutradara

BACA JUGA:Nangis Berjamaah! IU dan V BTS Jadi Pengantin Tragis di MV Love Wins All, Chemistry-nya Juara

Penulis Andal


Happy Anniversary IU! 5 faktor yang bikin Lee Ji Eun jadi seniman tersukses Korea. Foto: MV Alone in the Room, debut IU menulis lagu. -LOEN Entertainment-

Ada alasan mengapa lagu-lagu IU diterima dengan sangat hangat oleh pendengar. Liriknya puitis, pengalamannya relatable, dan pesannya sampai di hati fans.

Dan hanya ada satu alasan mengapa IU dapat membawakan lagu-lagu tersebut dengan penghayatan yang pas. Yakni, dia menulis sendiri sebagian besar dari lagu-lagunya.

Ya, IU juga dikenal sebagai komposer dan penulis berbakat. Lagu pertama yang dikreditkan atas namanya adalah Alone in The Room dari extended play (EP) Real. Lagu itu dirilis pada 2010.

Sejak itu, IU semakin gencar mengeksplor penciptaan musik. Dia berhasil menulis enam dari total 13 lagu dalam album studio keduanya, Lost fantasy. Semakin berkembang, IU menulis keseluruhan lagu pada mini album kelimanya, Love Poem.

BACA JUGA:IU Ubah Judul Single Love Wins Jelang Rilis Gara-Gara Kontroversi, Ini Judul Barunya!

BACA JUGA:IU Konser di Jakarta April 2024, Ini Daftar 7 Lagu Terbaik yang Harus Kamu Tahu

Tak hanya menuliskan lagu untuk dirinya sendiri, IU juga menulis beberapa lagu untuk soundtrack drama. Biasanya untuk drama yang dia bintangi. Misalnya Dear Moon (OST My Mister), Heart (OST The Producers), dan Hold My Hand (OST The Greatest Love)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber