Cerita Sukses Pelaku Usaha Berkembang bersama Rumah BUMN Binaan BRI

Cerita Sukses Pelaku Usaha Berkembang bersama Rumah BUMN Binaan BRI

Rumah BUMN Jakarta menyediakan platform bagi UMKM untuk memamerkan produk mereka kepada masyarakat luas melalui kegiatan bazar. Jajang bercerita tentang bagaimana mereka membawa tiga UMKM. --BRI

HARIAN DISWAY - Di tengah tantangan persaingan bisnis yang semakin kompleks, Rumah BUMN muncul sebagai wadah kolaborasi yang menghubungkan BUMN dengan pelaku usaha kecil dan menengah (UMKM).

Inisiatif yang dihadirkan oleh Kementerian BUMN ini bertujuan untuk memberikan dukungan konkret bagi UMKM dalam menghadapi berbagai kendala yang menghalangi mereka untuk berkembang.

Dengan pendekatan yang holistik, Rumah BUMN tidak hanya sekadar menjadi tempat bertemunya berbagai pihak, tetapi juga berfokus pada peningkatan kompetensi pelaku UMKM, memperluas jangkauan pasar, dan mempermudah akses permodalan. 

Selaras dengan tujuan tersebut, Rumah BUMN binaan BRI pun hadir di Jakarta menjadi wadah para pengusaha kecil untuk tumbuh, belajar, dan berkembang melalui berbagai pelatihan dan program.

BACA JUGA: Kinerja Positif PT Terminal Petikemas Surabaya, Arus Peti Kemas Naik 9,77%

BACA JUGA: Menjadi Nasabah BRI Dapat Grand Prize Mobil dan Banyak Keuntungan Selain Tempat Menyimpan Uang yang Aman

Koordinator di Rumah BUMN Jakarta Jajang Rohmana memandang Rumah BUMN yang berlokasi di Jl. Letjen S. Parman, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta, hadir sebagai jembatan antara para pelaku UMKM dan berbagai peluang yang ada di pasar.

"Kami memberikan pendampingan untuk UMKM, mulai dari proses packaging hingga distribusi dan pelatihan-pelatihan yang kami adakan mencakup berbagai aspek penting seperti pemasaran dan digital marketing," ujarnya.
Lebih dari 6.000 UMKM mendapatkan manfaat dari program Rumah BUMN ini dengan mayoritas peserta berasal dari sektor F&B, fashion, dan kerajinan tangan. --BRI

Setiap bulan, BUMN Jakarta mengadakan 20 hingga 30 pelatihan yang ditujukan untuk para pelaku UMKM. Setiap pelatihan dirancang untuk mengasah keterampilan penting yang dapat langsung diterapkan dalam bisnis mereka.

Dari pelatihan packaging yang membantu produk UMKM tampil lebih menarik di pasaran, hingga pelatihan pemasaran digital yang mengajarkan bagaimana cara memanfaatkan platform online untuk menjangkau pasar lebih luas.

BACA JUGA: BRImo Permudah Transaksi Internasional: Buka Rekening Valas hingga 12 Mata Uang

BACA JUGA: BRI Tawarkan Biaya Administrasi Bulanan Lebih Murah Dibanding Bank Lain

"Kami memetakan kebutuhan masing-masing UMKM, jika ada yang membutuhkan pelatihan di bidang digital marketing, kami siapkan, jika mereka lebih membutuhkan pelatihan offline, kami adakan secara langsung di Rumah BUMN Jakarta,” jelasnya.

Lebih dari 6.000 UMKM mendapatkan manfaat dari program ini dengan mayoritas peserta berasal dari sektor F&B, fashion, dan kerajinan tangan. Terutama di Jakarta, sektor F&B mendominasi, tapi tidak jarang juga ada pelaku bisnis fashion dan craft.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: bri