Bareng Gus Mahasin, NasDem Jatim Tirakat Menangkan Anies di Pilpres 2024

Sabtu 13-05-2023,11:40 WIB
Reporter : Michael Fredy Yacob
Editor : Taufiqur Rahman

SURABAYA, HARIAN DISWAY - NasDem Jawa Timur menggelar Majelis Khotmil Qur'an Binnadhor Jumat Pon. Sesuai namanya, kegiatan ini akan berjalan setiap Jumat Pon. Itu dilakukan sebagai tirakat Nasdem untuk kemenangan Anies Baswedan di pemilihan presiden (Pilpres) 2024 nanti.

 

Pembacaan Khotmil Qur'an Binnadhor, Tahlil dan Barzanji dipimpin oleh Imam Majelis Khotmil Qur'an Binnadhor Jumat Pon yakni KH. Nasirul Mahasin atau Gus Mahasin. Ia merupakan kakak dari Gus Baha. Kegiatan itu dilakukan serentak di 81 titik di seluruh kabupaten/kota di Jatim melibatkan total 2.580 jamaah. 

 

Gus Mahasin mengatakan, upaya ini sekaligus untuk menirakati atau laku prihatin dan riyadhoh demi kesuksesan Anies di pemilihan umum (Pemilu) nanti. "Laku prihatin mendekatkan diri kepada Allah dengan satu wirid yang harus dibacakan," katanya, Jumat, 12 Mei 2023.

 

BACA JUGA:Korban Gas Air Mata Tragedi Kanjuruhan Sabet Photo of The Year APFI 2023

BACA JUGA: Bruno Penasaran Atmosfer Bonek di Stadion GBT

 

"Doa khusus pertama yang jelas pengen dapat syafaat Al Quran dan dapat berkahnya. Tentu rentetannya, NasDem punya gawe Pilpres dan Pileg. NasDem selaku partai politik bisa menjadi partai yang besar dan bermanfaat bagi seluruh rakyat Indonesia," sambungnya.

 

Ia berharap pengajian Khotmil Qur'an Binnadhor Jumat Pon dapat berjalan rutin. Pengajian Khotmil Qur'an Binnadhor sendiri akan meluas di seluruh Indonesia. DPW NasDem Jatim menjadi motor penggerak pertama. 

 

Setelah ini, NasDem Jatim juga berencana akan menggelar Lailatul Ijtima Khotmil Quran dengan jemaah besar. Jemaah Binnadhor terdiri dari para basis kultural religius yang sebelumnya telah terbentuk di Ramadan 1444 Hijriyah lalu. 

 

BACA JUGA: Cheng Yu Pilihan 3rd Miss Chinese World 2021: Aldora Helsa Goewyn: Wei Ren Shi Biao

BACA JUGA:Usai Kalahkan Vietnam, Timnas Basket Putra Melaju ke Semifinal

 

Sementara itu, Koordinator Majelis Quran Binnadhor Jumat Pon Moch. Eksan menjelaskan, peluncuran tersebut merupakan bagian dari upaya membumikan NasDem menjadi kekuatan kultural masyarakat. Agar basic spiritual need atau kebutuhan dasar spiritual mereka dapat terpenuhi. 

 

"Karena bagaimanapun, NasDem punya keinginan benar-benar membumi. Maka keberagamaan itu harus tersentuh. Salah satunya melalui agenda Khotmil Qur'an Binnadhor yang diselenggarakan tiap Jumat Pon dan ini akan berlangsung terus," terangnya. 

 

Saat ini, DPW NasDem Jatim tengah serius menggarap basis pemilih kultural. Bahkan, banyak jamaah Khotmil Qur'an Binnadhor merupakan barisan anggota Muslimat NU.

 

BACA JUGA:Antusias Penggemar Bikin Premier Hati Suhita di Surabaya Meriah

BACA JUGA:Masa Pelunasan Ongkos Haji Ditutup, 96 Persen Jamaah Sudah Lunas

 

"Kebetulan yang ini jemaah Muslimat. Sekarang ini kita garap jamaah Muslimat. Karena ibu-ibu itu kan sudah ada komunitas pengajian rutin. Sehingga lebih memungkinkan. Kita hanya kanalisasi, fasilitasi biar mereka punya tempat untuk melakukan kegiatan Khotmil Qur'an Binnadhor," ungkapnya.

 

Kedepan, tambah Eksan, Khotmil Qur'an Binnadhor Jumat Pon menjadi transit kultural yang bisa menyentuh dan menggerakkan sampai akar rumput dari kekuatan NasDem. "Beliau-beliau ini (jemaah,Red) bukan pengurus ranting maupun DPC. Tetapi, masyarakat secara umum yang punya simpati terhadap NasDem dan membumikan kultur," bebernya.(*) 

Kategori :