Deni Wicaksono Resmi Jadi Pimpinan DPRD Jatim, Fokus Kawal Penurunan Kemiskinan

Kamis 24-10-2024,21:39 WIB
Reporter : Salman Muhiddin
Editor : Salman Muhiddin

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Deni Wicaksono, politisi PDI Perjuangan, secara resmi dilantik sebagai Wakil Ketua DPRD Jawa Timur pada Kamis, 24 Oktober 2024.

Dengan pelantikan ini, Deni tercatat sebagai pimpinan DPRD Jatim termuda sepanjang sejarah. Bersama empat pimpinan lainnya, ia bertekad menjalankan tugas untuk mengawal penurunan kemiskinan, khususnya di wilayah perdesaan Jatim yang saat ini memiliki angka kemiskinan tertinggi di Pulau Jawa.

Dalam pidato usai pelantikan, Deni menyampaikan rasa terima kasih kepada Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri, atas kepercayaan yang diberikan.


Pimpinan DPRD Jatim 2024-2029.-PDIP Jatim-

“Penugasan ini adalah amanah yang harus dijawab dengan kerja keras. Terima kasih kepada Ibu Megawati yang telah memberikan kepercayaan ini, dan saya siap mengawal suara rakyat Jawa Timur dengan sebaik-baiknya,” ungkapnya.

Ia juga menyoroti pentingnya fokus pada penurunan angka kemiskinan di Jawa Timur. Berdasarkan data Maret 2024, kemiskinan di Jatim mencapai 9,79 persen atau sekitar 3,9 juta jiwa, lebih tinggi dibandingkan rata-rata nasional yang sebesar 9,03 persen.

BACA JUGA: Perjalanan Deni Wicaksono Pimpinan DPRD Jatim Termuda, dari Naik Angkot ke Kursi Parlemen

BACA JUGA:Cak Maudah Riski Wicaksono, Juara 1 Cak dan Ning Surabaya 2024 Dorong Peran Kreatif Anak Muda

Yang lebih memprihatinkan, angka kemiskinan di perdesaan Jatim mencapai 13,3 persen, tertinggi di Pulau Jawa.

“Mengurangi kemiskinan, khususnya di perdesaan, harus menjadi prioritas. Potensi di Jatim sangat besar, namun masih banyak masyarakat yang hidup di bawah garis kemiskinan. Kebijakan dan anggaran harus didedikasikan untuk masyarakat, bukan untuk program seremonial yang tidak berdampak langsung,” tegas Deni.

Sebagai Ketua PA GMNI Jawa Timur dan mantan aktivis BEM Universitas Airlangga, Deni bertekad mengorkestrasi kerja DPRD Jatim agar lebih sinergis dan fokus pada kebijakan yang memihak kepada masyarakat kecil.


Pengambilan sumpah pimpinan DPRD Jatim.-PDIP Jatim-

“Kami akan bergerak kolaboratif untuk memastikan kepentingan wong cilik terakomodasi dalam kebijakan Pemprov Jatim. Harus ada keberpihakan nyata, kurangi pencitraan, dan fokus pada solusi untuk rakyat,” ujarnya.

Adapun susunan pimpinan DPRD Jatim periode 2024-2029 adalah Musyafak Rouf sebagai Ketua DPRD Jatim, serta empat Wakil Ketua, yaitu Deni Wicaksono, Hidayat, Blegur Prijanggono, dan Sri Wahyuni. (*)

Kategori :