Geliat Bangun Kota Reog: Orkestra Alam Telaga Ngebel (8)

Geliat Bangun Kota Reog: Orkestra Alam Telaga Ngebel (8)

Eksotisme Telaga Ngebel dipotret dari drone. Kawasan wisata itu jadi atensi Pemkab Ponorogo setelah Monumen Reog di Sampung.-Boy Slamet/Harian Disway-

Monumen Peradaban Reog Ponorogo menjadi magnet wisata di sisi barat Ponorogo. Di sisi utara, Bupati Sugiri Sancoko menyiapkan magnet besar lainnya: Telaga Ngebel di kaki Gunung Wilis. Ia menyusun konsep water fountain yang dipadukan dengan panggung pertunjukan Reog Ponorogo.

Langit Pramana Raga, sebutan lawas Ponorogo diselimuti awan putih. Pegunungan dan bukit yang mengelilingi Kota Reog itu ikut bersembunyi siang itu, Jumat, 7 April 2023. 

Tim penulis berangkat dari Pendapa Agung Ponorogo yang “dijaga” patung-patung singa putih. Tujuan kami: Telaga Ngebel di timur laut. Lewat jalan provinsi, arah Madiun.

BACA JUGA:Geliat Bangun Kota Reog: Magnet Monumen Peradaban Reog Ponorogo (1)

BACA JUGA:Geliat Bangun Kota Reog: Ubah Desain Monumen Peradaban (2)

Semalam sebelumnya, Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko menceritakan sekelumit tentang Ngebel. Ia menaruh atensi besar pada pengembangan wisata di sana setelah monumen reog di Sampung.

“Satu-satunya di dunia. Orkestrasi alam Telaga Ngebel,” ujar Kang Giri, sapaan akrab sang bupati. Ia sudah membangun air mancur menari di telaga itu. Diresmikan di malam tahun baru 31 Desember 2022. Pengembangan selanjutnya adalah membangun tempat pertunjukan reog.


Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko di hadapan air mancur menari Telaga Ngebel.-Pemkab Ponorogo-

Anda bisa membayangkan bagaimana menikmati reog di atas telaga dengan latar belakang air mancur menari itu. Eksotisme reog bakal berpadu dengan warna pelangi air mancur itu. 

Sugiri sudah menerangkan bahwa reog adalah salah satu kesenian paling kompleks di Dunia. Ada seni rupa, topeng, tari, bela diri, musik, dan drama. Jika ditampilkan di Ngebel, maka unsurnya bakal makin bertambah.

“Bagaimana reog berpadu dengan suara angin, deburan ombak telaga, dan air mancur itu. Manteb banget, kan?” ujar ayah tiga anak itu. Ia yakin magnet Ngebel bakal begitu kuat. Bisa menjadi pesaing Telaga Sarangan di kabupaten tetangga, Magetan.

BACA JUGA:Geliat Bangun Kota Reog: Sampung Bone Culture Jadi Bagian Monumen (3)

BACA JUGA:Geliat Bangun Kota Reog: Stop Ledakan di Gunung Sampung (4)

Sumber: