5 Drakor tentang Cewek yang Pacaran dengan AI, Ada Drama Favoritmu?

5 Drakor tentang Cewek yang Pacaran dengan AI, Ada Drama Favoritmu?

HYUN MIN-YOON (kanan) dan Ko Sung-hee dalam drakor My Holo Love. Mengisahkan tentang cewek yang berpacaran dengan produk AI.-Netflix-

HARIAN DISWAY – Produk artificial intelligence (AI) benar-benar sudah menjangkau berbagai aspek kehidupan masyarakat. Mulai dari pendidikan, rumah tangga, layanan publik, hingga media. Bahkan, mencari pasangan pun kini bisa dibantu AI.

Apakah pada perkembangannya nanti kita juga bisa menggantikan peran kekasih dengan produk teknologi? Misalnya robot yang didesain persis manusia? Well, situasi itu sudah pernah digambarkan oleh 5 drakor di bawah ini. Ketika manusia—entah bagaimana awalnya—jatuh cinta pada robot. 

BACA JUGA: 7 Rekomendasi Drakor Tentang Dunia Kpop

Mungkin enggak sih itu terjadi di dunia nyata? Berikut 5 rekomendasi drakor tentang kisah percintaan manusia dengan robot. Semoga ini bukan masa depan yang menanti kita. Hehe… (*)

My Holo Love (2020)
Streaming: Netflix
Pemain: Go Sun-hee, Yoon Hyun-min, Choi Yeo-jin, Hwang Chan-sung



Han Seo-yeon menderita gangguan langka, yakni face blindness disorder. Kondisi itu membuat dia sulit mengenali dan membedakan wajah orang lain. Agar rahasianya tidak terbongkar, dia menjauhkan diri dari orang lain. Dia dingin, dan bersikap seolah-olah tidak ingin menjalin kedekatan dengan siapa pun.

Hingga kemudian dia bekerja sebagai tester beta dari sebuah program artificial intelligence (AI), Holo. Holo diprogram untuk berpikir dan bertindak seolah-olah memiliki perasaan, seperti manusia. Lama kelamaan, Seo-yeon semakin menikmati keberadaan dan kehangatan Holo. Mereka pun menjadi dekat.

BACA JUGA: Baru Tayang! 5 Rekomendasi Drakor Jelang Libur Nataru 2023

Tanpa disadari Seo-yeon, Holo didesain memiliki wajah yang sama dengan desainernya, Go Nan-do. Si desainer ini diam-diam jatuh cinta pada Seo-yeon. Sayang, si cowok sungguhan ini tidak sebaik dan sehangat versi AI-nya. Apakah Seo-yeon akan memilih Holo, si AI yang sempurna? Atau dia lebih menyukai Nan-do, si manusia sungguhan, dengan segala keterbatasannya?

Tema manusia yang jatuh cinta pada AI sedikit mengingatkan kita kepada film Her. Yang dibintangi Joaquin Phoenix. Hanya saja, Holo diceritakan dengan gaya yang lebih fun dan tidak bikin depresi.  

Are You Human? (2018)
Streaming: Netflix
Pemain: Seo Kang-joon, Gong Seung-yeon, Kim Sung-ryung, Lee Joon-hyuk, Park Hwan-hee



Nam Shin, anak seorang ilmuwan dan ahli AI, mengalami kecelakaan hingga koma. Demi mengobati kesedihan dan kesepian, sang ibu, Laura Oh, menciptakan robot yang sangat mirip dengan anak dia. Si robot diberi nama Nam Shin III. Keduanya sama-sama diperankan oleh Seo Kang-joon.

Namun, si ibu punya tujuan lain. Dia menciptakan Nam Shin III demi mempertahankan posisi sang anak sebagai pewaris perusahaan konglomerasi besar. Orang awam tidak ada yang tahu bahwa Nam Shin yang asli terbaring koma. Sampai seorang bodyguard cewek, yang ditugaskan menjaga Nam Shin III, menaruh curiga. Sebab, ketika dia melindungi si robot, ada orang-orang yang berupaya membunuh Nam Shin yang asli.

BACA JUGA: 3 Alasan Nonton Drakor Celebrity, Ungkap Sisi Lain Dunia Selebgram

Kisah selanjutnya bisa ditebak. Si bodyguard yang bernama Kang So-bong (Gong Seung-yeon), semakin sulit menolak pesona si robot pintar. Meski berupaya bersikap profesional, lama kelamaan dia benar-benar menyayangi Nam Shin III.

My Absolute Boyfriend (2019)
Streaming: Netflix, Viu
Pemain: Yeo Jin-goo, Bang Min-ah, Hong Jung-hyun



Kepercayaan Um Dada (Bang Min-ah) terhadap laki-laki hilang sudah. Gara-gara pacar dia, Ma Wang-joon (Hong Jung-hyun) lebih memilih karier daripada cinta. Ia memutuskan hubungan yang sudah berjalan selama tujuh tahun. Saking kesalnya, dia bersumpah untuk tidak pacaran lagi.

Pertemuan Dada dengan Zero Nine, sesosok humanoid yang diprogam untuk mencintai satu perempuan saja, mengubah segalanya. Sebuah ciuman yang tidak disengaja mengaktifkan program Zero Nine (Yeo Jin-goo), yang kemudian menjadikan Dada sebagai pacarnya.

Si humanoid mengikuti Dada ke mana-mana, melakukan berbagai hal layaknya kekasih sungguhan, sampai Dada benar-benar jatuh cinta. Namun, pada saat bersamaan, pemilik Zero Nine muncul untuk membawanya kembali. Yah…  

W (2016)
Streaming: Netflix
Pemain: Lee Jong-suk, Han Hyo-joo



Oke, ini mungkin sedikit berbeda dengan tiga drama sebelumnya. Serial yang judul lengkapnya W (Two Worlds Apart) ini bukan tentang android yang jatuh cinta pada manusia. Namun, tentang sebuah karakter webtoon dari semesta alternatif. Yang jatuh cinta pada manusia di semesta yang kita tinggali.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber