Sebelum Kopi Sianida Jessica Wongso, Simak 5 Film Dokumenter Netflix Tentang Pembunuhan Menghebohkan

Sebelum Kopi Sianida Jessica Wongso, Simak 5 Film Dokumenter Netflix Tentang Pembunuhan Menghebohkan

TAK HANYA kopi sianida, simak film-film dokumenter Netflix tentang pembunuhan menghebohkan.-Netflix-

HARIAN DISWAY – Kasus pembunuhan yang dilakukan Jessica Wongso terhadap sahabatnya, Wayar Mirna Salihin, pada Januari 2016, diangkat menjadi film dokumenter oleh Netflix.

Film berjudul Ice Cold: Coffee, Murder, and Jessica Wongso itu sudah mendapatkan tanggal tayang resmi. Yakni 28 September 2023 mendatang.

Dari trailer yang dirilis Netflix pada 31 Agustus 2023, film itu sangat menjanjikan. Ia mampu menghadirkan ketegangan, intrik, dan misteri. Persis seperti persidangannya yang berlangsung selama 10 bulan.

BACA JUGA: Kasus Kopi Sianida Jessica Wongso Jadi Film Dokumenter Netflix, Netizen Usulkan Sambo Hingga Sumanto

Nah, selagi menunggu 28 September, masih ada beberapa film dokumenter Netflix yang mengisahkan tentang pembunuhan-pembunuhan menghebohkan. Berikut di antaranya.

Amanda Knox (2016)


TAK HANYA kopi sianida, simak film-film dokumenter Netflix tentang pembunuhan menghebohkan.-Netflix-

Film dokumenter ini mengisahkan pembunuhan sadis yang melibatkan perempuan muda bernama Amanda Knox.

Dia gadis biasa berumur 20 tahun yang tinggal di sebuah apartemen bersama teman kuliahnya. Mereka sama-sama kuliah di Perugia, Italia.

Korban pembunuhan di film itu adalah teman Amanda, Meredith Karcher. Mahasiswi asal London Selatan itu ditemukan tak bernyawa di kamarnya dengan leher tergorok.

Amanda menjadi satu-satunya tersangka setelah dia kepergok berciuman dengan pacarnya di hari kematian sang teman. Tapi, benarkah Amanda pelakunya? Kenapa dia sampai menghabiskan empat tahun di penjara?

Film ini menunjukkan betapa media-media yang menggunakan pendekatan tabloid (headline bombastis, bahasa lebay, dan minim konfirmasi) bisa sangat mempengaruhi penyelidikan sebuah kasus krimimal. Amanda seolah dijadikan penjahat oleh media-media tersebut.

BACA JUGA: Cunk on Earth; Dokumenter Lucu tapi Serius bersama Diane Morgan

Casting JonBenet (2017)


TAK HANYA kopi sianida, simak film-film dokumenter Netflix tentang pembunuhan menghebohkan.-Netflix-

Merupakan karya sutradara Australia Kitty Green, film ini berkisah tentang kematian JonBenet Ramsey. Seorang gadis mungil berusia enam tahun yang saat itu menjadi ratu kecantikan.

JonBenet ditemukan meninggal pada 26 Desember 1996 di rumah keluarganya, di Boulder, Colorado. Tak hanya berfokus pada reka adegan, film ini lebih berfokus pada sisi psikologis pembunuhan gadis kecil itu.  

Casting JonBenet justru mendokumentasikan proses casting aktor-aktor yang akan memerankan reka adegan pembunuhan tersebut.

BACA JUGA: Rahasia Tergelap Selena Gomez dalam Film Dokumenter Selena Gomez: My Mind and Me

Mereka diwawancara dan diminta memerankan tokoh-tokoh nyata yang terlibat dalam kasus itu. Termasuk ayah ibu JonBenet, jaksa, dan petugas polisi.

Selama proses wawancara, para calon aktor itu mencurahkan emosi mereka tentang kasus mengenaskan tersebut. Serta membagikan spekulasi-spekulasinya sendiri.

Daripada mendokumentasikan kejadian, film ini ingin menunjukkan bagaimana kematian JonBenet telah menjadi obsesi kultural dan konspirasi bagi sebagaian orang.

BACA JUGA: Our Father, Film Dokumenter Netflix tentang Dokter Fertilitas Bejat yang Mengguncang

The Ripper (2020)


TAK HANYA kopi sianida, simak film-film dokumenter Netflix tentang pembunuhan menghebohkan.-Netflix-

The Ripper merupakan film dokumenter tentang pembunuhan berantai yang memakan korban 13 perempuan. Inilah kasus pembunuhan berantai terkejam yang terjadi di Yorkshire Utara, Inggris, pada awal dekade 1970-an.

Korban pertama dari pembunuhan itu adalah Wilma McCann. Dia meninggal dengan 15 tusukan di leher, dada, dan perut. Selain ditusuk, kepalanya juga dipukul.

Belum selesai penyelidikan, polisi menemukan mayat lain lagi. Lalu ada korban lain lagi. Emily Jackson tewas dengan 52 tusukan dan pukulan di kepala. Hingga 1980, telah ditemukan 13 mayat di seluruh penjuru Yorkshire Utara.

BACA JUGA: Film Dokumenter Kang Daniel: My Parade Dirilis di Lebih Dari 30 Negara

Penyelidikan yang memakan waktu 10 tahun tidak menghasilkan apa-apa. Jack the Ripper menjadi salah satu kasus pembunuhan berantai yang paling legendaris di dunia kriminal modern.

American Murder: The Family Next Door (2020)

American Murder: The Family Next Door yang tayang pada tahun 2020 menceritakan tentang kasus hilangnya Shanann Watts dan kedua anaknya, Bella dan Celeste.

Menghilangnya Shanaan kali pertama diketahui oleh tetangganya, Nicole Atkinson. FBI memperlakukan kasus itu sebagai kasus orang hilang. Hingga kemudian Chris, suami Shanann, mengaku telah membunuh istri dan anak-anaknya.

Film itu menggunakan footage langsung dari tangan pertama untuk menayangkan kisah-kisah di balik hilangnya Shanann.

BACA JUGA: Empat Sekte Sesat Mengerikan dalam In the Name of God: A Holy Betrayal

Crime Scene: The Vanishing at the Cecil Hotel (2021)


TAK HANYA kopi sianida, simak film-film dokumenter Netflix tentang pembunuhan menghebohkan.-Netflix-

Kali ini, film dokumenter mengangkat kematian salah seorang tamu Hotel Cecil, Los Angeles, pada Februari 2013. Tamu itu bernama Elisa Lam, asal Vancouver, Kanada.

Sebelum ditemukan tewas, Lam dilaporkan menghilang. Dia berhenti berkomunikasi dengan keluarganya pada akhir Januari 2013. Dia kali terakhir terlihat di lift hotel.

Beberapa hari kemudian, para tamu hotel mengeluhkan kualitas air yang jelek. Laporan itu mengantarkan polisi pada penemuan mayat Elisa Lam.

Selain menampilkan pertanyaan yang mengundang tanda tanya di pikiran penonton, film ini juga menampilkan konspirasi-konspirasi yang melekat dengan Hotel Cecil. Seru!

BACA JUGA: Our Father, Kisah Pilu 96 Anak Dokter Fertilitas yang Tayang di Netflix

Girl in the Picture (2022)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber