Bipolar Disorder Sering Disalahartikan, Ini Penjelasan Beserta Gejala dan Cara Menanganinya

Bipolar Disorder Sering Disalahartikan, Ini Penjelasan Beserta Gejala dan Cara Menanganinya

BIPOLAR disorder sering disalahartikan, ini penjelasan beserta gejala dan cara menanganinya.-Vector Stock-

Selain itu, penderita bipolar di fase ini juga akan merasakan kelelahan dan kehilangan energi, serta kegelisahan atau perilaku yang melambat. Efeknya berat badan yang berfluktuasi dengan  peningkatan atau penurunan nafsu makan.

Gejala lainnya adalah keragu-raguan atau penurunan konsentrasi dan kemampuan berpikir. Serta perasaan tidak berharga atau rasa bersalah yang tidak pantas. Hal ini dapat memicu munculnya pikiran atau upaya untuk melakukan bunuh diri.

Tingkatan Bipolar Disorder


BIPOLAR disorder sering disalahartikan, ini penjelasan beserta gejala dan cara menanganinya. Foto: Demi Lovato menceritakan gejala bipolarnya di film dokumenter.-Disney+-

Bipolar disorder juga memiliki tingkat keparahan yang berbeda. Setiap tingkatannya memiliki keparahan gejala yang berbeda.

Tingkat paling parah adalah Bipolar I. Pengidap gangguan bipolar I setidaknya mengalami satu fase mania yang disertai dengan periode depresi berat atau manic yang tidak terlalu parah.

BACA JUGA: Cegah Alami Depresi, Sebuah Studi Bagikan Caranya Melalui 7 Kebiasaan Gaya Hidup Sehat di Bawah Ini

BACA JUGA: Akui Depresi, Dwayne Johnson Ajak Setiap Orang Berani Bicara

Orang dengan bipolar I juga dapat mengalami episode psikosis di mana mereka mengalami jeda dari kenyataan. Orang yang mengidap bipolar I juga berpotensi mengalami depresi.

Tingkat selanjutnya adalah bipolar II. Orang dengan bipolar II tidak pernah mengalami fase manic. Sebaliknya, mereka mengalami setidaknya satu fase depresi berat disertai dengan satu fase hipomanic.

Yang terakhir adalah bipolar siklotimik. Bipolar jenis ini bisa dibilang cukup langka. Meski begitu, gangguan yang satu ini dapat berdampak besar bagi sang pengidap.

Pengidap bipolar siklotimik biasanya akan mengalami fase hipomania yang singkat dan fase depresi dengan periode yang singkat. Namun, gangguan ini dapat berkembang menjadi bipolar II dan I.

BACA JUGA: Peringati Hari Kesehatan Mental Sedunia, Direktur RSJ Menur Ingatkan Remaja Makin Rentan Depresi

BACA JUGA: Suasana Hati Tak Baik, Hati-hati Hindari Depresi

Cara Menangani Bipolar Disorder

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber