Jumlah Mahasiswa di Luar Jawa Timpang, Anies Baswedan: Pendidikan Adalah Investasi

Jumlah Mahasiswa di Luar Jawa Timpang, Anies Baswedan: Pendidikan Adalah Investasi

JUMLAH mahasiswa di luar Jawa timpang, Anies Baswedan: pendidikan adalah investasi. Anies Baswedan berdialog dengan mahasiswa Universitas Haizirin, Bengkulu, 6 Desember 2023. -Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN-

BENGKULU, HARIAN DISWAY - Capres nomor urut 1 Anies Baswedan prihatin dengan timpangnya jumlah mahasiswa di Jawa dengan luar Jawa. Di pulau-pulau selain Jawa, masyarakat yang bisa menempuh pendidikan hingga ke perguruan tinggi sangat minim.

Hal itu disampaikan Anies Baswedan ketika berdialog dengan para mahasiswa di Universitas Haizirin, Bengkulu, pada Rabu, 6 Desember 2023.

Ia lantas mengutip data Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri. Dan mengambil Bengkulu sebagai sampel.

BACA JUGA: Capres Anies: Mari Kembali pada Cita-Cita Awal Pendiri Negeri

Per Juni 2021, penduduk Bengkulu mencapai 2,03 juta jiwa. Dari jumlah itu, hanya ada 143,56 ribu jiwa yang berhasil menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi. Artinya, itu hanya 7,06 persen dari total jumlah penduduk. Jumlah itu jelas sangat kecil.


JUMLAH mahasiswa di luar Jawa timpang, Anies Baswedan: pendidikan adalah investasi.-Kedeputian Media dan Komunikasi Timnas AMIN-

Para mahasiswa pun bertanya, jika terpilih menjadi presiden, apa yang akan dilakukan Anies Baswedan untuk meningkatkan presentasi tersebut? Terlebih, merasa ada ketimpangan soal fasilitas pendidikan tinggi.

"Sebenarnya bukan hanya Jawa dapat kesempatan luar Jawa tidak. Tapi banyak juga di Jawa yang tidak dapat (fasilitas, Red)," ungkap Anies Baswedan.

BACA JUGA: Anies Baswedan Canangkan Pasar AMIN untuk Siasati Harga Bahan Pokok, Apa Itu?

BACA JUGA: Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar Didukung Ulama dan Habaib se-Kalimantan Selatan

"Kita jangan bedakan berdasarkan pulau. Tapi bedakan siapa yang dapat kesempatan dan siapa yang tidak," lanjut mantan Menteri Pendidikan RI itu.

Menurut Anies, pihaknya menemukan bahwa mereka yang berstatus ekonomi mapan punya kesempatan yang lebih baik untuk akses pendidikan tinggi daripada menengah ke bawah. Dan itu tidak hanya di luar Jawa saja. Di Jawa pun banyak yang tidak mampu kuliah.

Selain itu, keterbatasan bangku perguruan tinggi juga menjadi kendala. Makin tinggi tingkat pendidikannya, jumlah bangku yang tersedia semkain berkurang.


JUMLAH mahasiswa di luar Jawa timpang, Anies Baswedan: pendidikan adalah investasi. Anies Baswedan berdialog dengan mahasiswa Universitas Haizirin, Bengkulu, 6 Desember 2023. -Kede-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber