Pendidikan Jatim Banjir Prestasi di Tahun 2023, Khofifah Ajak Tingkatkan pada 2024

Pendidikan Jatim Banjir Prestasi di Tahun 2023, Khofifah Ajak Tingkatkan pada 2024

Para siswa berprestasi berebut berfoto dengan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. -Humas Pemprov Jatim-

SURABAYA, HARIAN DISWAY – Di ujung 2023, berbagai capaian prestasi pendidikan dan kesuksesan program Jatim Cerdas Nawa Bhakti Satya dipaparkan dalam kegiatan Refleksi Pendidikan Jawa Timur 2023 pekan lalu. 

Prestasi pendidikan Jawa Timur terus meningkat dari tahun ke tahun. Sepanjang 2023, berbagai penghargaan dan prestasi mengagumkan telah membanggakan 40 juta rakyat Jawa Timur.

Secara khusus Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menjabarkan bahwa sepanjang tahun 2023, proses pendidikan dengan berbagai pencapaian telah diukir para insan pendidikan terutama siswa, guru, dan kepala sekolah. 


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyerahkan penghargaan kepada juara 1 Capaian Akuntabilitas Keuangan Terbaik di lingkungan Dinas Pendidikan Jawa Timur.-Humas Pemprov Jatim-

Jatim menjadi provinsi dengan tingkat penerimaan siswa-siswi ke PTN tertinggi di Indonesia selama empat tahun berturut-turut. Jatim juga menjadi Juara Umum Olimpiade Sains Nasional selama tiga tahun terakhir.

"Prestasi ini harus terus kita pertahankan. Dan capaian di sektor lain harus mulai dirintis dan ditingkatkan. Kami yakin bahwa siswa, guru, dan kepala sekolah kita di Jatim sangat mampu untuk meraihnya," ujar Khofifah.

BACA JUGA:Nawa Bhakti Satya, Bukti Nyata Kepemimpinan Khofifah-Emil

BACA JUGA:Gubernur Khofifah Terima Tanda Kehormatan Satyalancana Wira Karya, Jatim Menuju Blue Economy

Kendati begitu, orang nomor satu di Jatim ini juga mengingatkan bahwa masih ada sejumlah PR yang harus dibereskan. Sebab, menurut laporan yang diterima Khofifah, masih ada pembiayaan yang dianggap pungutan liar. Ini agar diselesaikan tuntas.

"Ini mohon dijaga dan dijelaskan. Bahwa yang ter-cover pemerintah pusat sekian untuk apa saja dan Pemprov sekian untuk apa saja.  Untuk pembiayaan ekstrakurikuler, pembiayaan pelatihan, kursus, dan seterusnya yang  harus dibiayai oleh masing-masing siswa," tegas Khofifah.

"Oleh karena itu, para wali murid yang menjadi komite sesuai regulasi saya mohon apa yang diputuskan betul-betul ditandatangani oleh kepala sekolah. Dan terkonfirmasi kepada seluruh wali murid," jabar dia.  

Capaian lain yang patut dipertahankan dan ditingkatkan, tegas Khofifah adalah Jatim menjadi daerah dengan penerimaan di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) tertinggi di Indonesia selama 4 tahun berturut-turut. 


Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa bersama peserta Refleksi Pendidikan Jawa Timur 2023 di Hotel Shangri-La, Surabaya, 19 Oktober 2023.-Humas Pemprov Jatim-

Tentu capaian ini tidak mudah diraih. Karenanya ia juga meminta pihak sekolah membekali prestasi prestisius yang diukir siswa dengan bekal akhlak.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: