Rindu Kampung Halaman

Rindu Kampung Halaman

ILUSTRASI rindu kampung halaman. Kalau sudah begitu, orang akan mudik.-Arya-Harian Disway-

Faktor-faktor itu menghasilkan tekanan pada sistem transportasi antarkota. Jaringan kereta api tidak cukup untuk menampung jumlah penumpang dan tidak menjangkau cukup banyak tempat. Lokasi-lokasi yang tidak dilayani kereta api harus bergantung pada bus.

Situasi yang digambarkan CNN di Tiongkok pada 2016 itu sangat mirip di Indonesia sekarang. Tapi, pemerintah Tiongkok membangun negara dengan sangat cepat. Pada Imlek 2024, Februari lalu diperkirakan 3,1 miliar pemudik. Dan, tidak ada kendala di transportasi.

Di Indonesia ada arus balik. Biasanya jumlah arus mudik kalah jika dibandingkan dengan arus balik. Alias, para pemudik mengajak kerabat mereka di desa menuju kota. Sebab, di desa kurang lapangan kerja. Akibatnya, masyarakat desa terus berduyun-duyun ke kota, yang biasanya mereka ikut kerabat yang mudik di saat balik ke kota.

Menteri Budi Karya memperkirakan, arus balik berpuncak pada Minggu, 14 April 2024, atau H+3. 

Belum diprediksi, bagaimana kelak jika ibu kota pindah ke Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kabupaten Penajam Paser Utara, Kaltim. Apakah masyarakat desa bakal berbondong ke wilayah yang kini masih sepi itu? 

Tapi, dalam belasan tahun ke depan, IKN pasti akan jadi tujuan migrasi warga desa. Karena pembangunan di sana bakal sangat cepat. Bagai lampu yang menarik perhatian laron. (*)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: