Jangan Khawatir! Perang Dunia III Tidak Akan Terjadi Kecuali Negara Ini Ikut Campur, Siapa?

Jangan Khawatir! Perang Dunia III Tidak Akan Terjadi Kecuali Negara Ini Ikut Campur, Siapa?

JANGAN khawatir! Perang Dunia III tidak akan terjadi kecuali negara ini ikut campur. Foto: Serangan rudal dan drone Iran menghiasi langit Tel Aviv, Israel, 14 April 2024.--AFP


JANGAN khawatir! Perang Dunia III tidak akan terjadi kecuali negara ini ikut campur. Foto: Warga Iran berdemo di depan Kedubes Inggris di Teheran, setelah Iran menyerang Israel, 14 April 2024. -Atta Kenare-AFP

Untungnya, pemerintah Inggris dengan cepat menarik kembali pernyataan Patrick Sanders, periwra yang masa jabatannya sudah hampir habis itu.

Media-media Barat telah membuat perbandingan langsung antara situasi geopolitik saat ini dengan peristiwa-peristiwa yang terjadi sebelum Perang Dunia I dan II. Mereka menyoroti peran aliansi yang saling bersaing, ketegangan ekonomi, dan perselisihan mengenai perbatasan dan wilayah.

BACA JUGA:Perang Gaza Berpotensi Meluas! Israel dan AS Persiapkan Serangan Balasan dari Iran

Hasilnya, meskipun situasi dunia saat ini cukup mengkhawatirkan, para ahli percaya bahwa yang terjadi saat ini tidak mengarah ke Perang Dunia III.

Kapan Perang Bisa Disebut "Perang Dunia"?

Istilah spesifik perang dunia hanya dipakai dua kali. Yakni Perang Dunia I (1914-1918) dan Perang Dunia II (1939-1945). Istilah itu berlaku untuk konflik bersenjata antara negara-negara besar yang tersebar di berbagai wilayah di dunia.

"Karena itu, untuk menentukan apakah yang terjadi saat ini merupakan perang dunia, akan sangat bergantung pada persepsi tentang siapa kekuatan besar di zaman kita, kemampuan militer relatif mereka, dan lokasi geografis mereka," jelas Dr John Schuessler, associate professor Hubungan Internasional di A&M University, Texas.

BACA JUGA:Serangan Bom Israel di Hari Lebaran Tewaskan Putera dan Cucu Pimpinan Hamas

BACA JUGA:Biadab, Israel Menyerang Gaza di Saat Idulfitri

Pada puncak Perang Dingin, misalnya, warga AS mempunyai gambaran yang jelas tentang apa yang akan terjadi dalam Perang Dunia III. Mereka menantikan sebuah pertarungan mematikan antara Timur dan Barat. Yang mempertemukan AS dan sekutunya melawan Uni Soviet yang mempunyai persenjataan lengkap. "Pertempuran utamanya berada di Eropa," kata Schuessler.


JANGAN khawatir! Perang Dunia III tidak akan terjadi kecuali negara ini ikut campur. Foto: Tentara Ukraina bertahan di perbatasan dekat Donetsk, Maret 2023. Konflik Rusia-Ukraina belum selesai. -John Moore-Getty Images via AFP

Namun, gambaran yang kita lihat saat ini sangat berbeda. Karena Rusia pasca-Soviet dan musuh modern AS lainnya tidak menimbulkan ancaman yang hampir sama seperti Uni Soviet.

"Militer Rusia saat ini hanya tiruan yang buruk dari Tentara Merah (tentara era Soviet yang perkasa)," kata Dr Jasen Castillo, rekan Schuessler di A&M University.

BACA JUGA:Awas, Israel Bersiap Gempur Rafah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: texas a&m today