Bonsai Senilai Rp 50 Juta yang Dibuat selama 25 Tahun Ada di Pameran Bonsai Gandeng Renteng

Bonsai Senilai Rp 50 Juta yang Dibuat selama 25 Tahun Ada di Pameran Bonsai Gandeng Renteng

BONSAI-BONSAI CANTIK dalam pameran Gandeng Renteng yang diprakarsai komunitas Bonsai Seni Nuswantara di Grand City Mall Surabaya. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Eksotisnya bonsai membuat masih banyak orang memfavoritkannya. Untuk melihat perkembangan bonsai di Surabaya, ada ratusan bonsai dipajang dalam pameran bertajuk Gandeng Renteng di Grand City Surabaya.

Pengunjung bisa belajar banyak tentang bonsai. Tampak panel-panel berjajar di atrium Grand City Surabaya. Di tiap sudutnya terpajang berbagai bonsai dalam beragam bentuk.

Pot kayu dengan tanah serta tumbuhan cantik yang tumbuh di atasnya. Bagi pecinta bonsai, pameran itu layaknya surga. Tak hanya kolektor bonsai saja yang hadir.

BACA JUGA: Menghadirkan Nuansa Kesenangan di Rumah, Berikut Tip Dekorasi yang Menggugah Semangat 

Ada pula mereka yang datang hanya sekadar sharing tentang tahapan-tahapan perawatan bonsai. Atau mencari produk-produk pupuk yang bagus serta material lainnya.

Seperti Theodora Beatrice, seorang pengunjung yang tertarik dengan beberapa bonsai, dan bertanya tentang tip merawatnya. "Punya bonsai di rumah. Tapi kadang bingung untuk membentuk rantingnya. Juga masih takut-takut kalau mau motong ranting," katanya.


PENGUNJUNG berswafoto dengan bonsai-bonsai yang ada dalam pameran Gandeng Renteng. Pameran berlangsung 23-28 April 2024 di Grand City Mall Surabaya. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

Sadar banyak yang ingin tahu tentang bonsai, para pecinta bonsai yang tergabung dalam komunitas Bonsai Seni Nuswantara, pengelola acara, melayani pertanyaan-pertanyaan pengunjung.

BACA JUGA: Lobi Kantor Gus Ipul Disulap Menjadi Ruang Pameran UMKM

Di antaranya banyak yang penasaran dengan harga bonsai yang cenderung mahal. Harga 179 bonsai yang dipamerkan di ajang itu memang bervariasi. Mulai dari Rp 500 ribu hingga Rp 50 juta.

Menurut ketua pameran Gandeng Renteng Arsyad Sansino, harga tinggi bonsai dinilai dari tingkat ketuaan atau usia pohon, tingkat kematangan ranting, juga dari komposisi penataannya. 


SEORANG PENGUNJUNG sedang melihat aneka bonsai. Dalam pameran Gandeng Renteng terdapat 179 bonsai yang dipajang. -Julian Romadhon-HARIAN DISWAY

"Kalau ingin memperkirakan usia pohon, bisa dilihat dari kematangan rantingnya. Artinya, semua rantingnya sudah keluar. Minimal lima bagian dalam bonsai sudah ada semua," katanya.

BACA JUGA: Pokemon Run 2024 Akan Digelar di Surabaya, Berlokasi di Areal Universitas Ciputra

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: