Kenali Faktor yang Mempengaruhi Gangguan Kesehatan Mental dan Cara Mengatasinya

Kenali Faktor yang Mempengaruhi Gangguan Kesehatan Mental dan Cara Mengatasinya

Kenali faktor yang memengaruhi gangguan kesehatan mental dan cara mengatasinya. --ilustrasi

Selain itu, beberapa jenis gangguan kesehatan mental bisa dipicu atau diperburuk oleh trauma yang dialami selama masa kanak-kanak atau remaja. Berikut adalah beberapa faktor yang dapat menyebabkan gangguan kejiwaan pada seseorang.

BACA JUGA:Layanan Kesehatan Mental untuk Setiap Organisasi

Faktor yang Memengaruhi Kesehatan Mental

1. Faktor Psikologis


KENALI faktor yang mempengaruhi gangguan kesehatan mental dan cara mengatasinya. Foto: ilustrasi seseorang yang mengalami tekanan.-Andrew Neel-Pexels

Faktor psikologis dapat memberikan dampak negatif pada kesehatan mental. Contohnya, trauma masa kecil, kehilangan orang yang dicintai, pengabaian dari orang terdekatnya, dan ketidakmampuan untuk bersimpati terhadap orang lain. Kondisi-kondisi itu bisa mempengaruhi kesehatan mental baik dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

2. Faktor Biologis

Beberapa gangguan kesehatan mental juga disebabkan oleh gangguan pada sel saraf di bagian otak tertentu, yang mengakibatkan komunikasi antar sel saraf menjadi tidak efektif.

Penyebabnya bisa dari mengonsumsi obat-obatan tertentu, faktor genetik, infeksi, cedera atau cacat otak, gangguan perkembangan otak selama masa kehamilan, penggunaan narkoba, pola makan yang tidak seimbang, dan paparan zat beracun.

3. Faktor Lingkungan

Lingkungan tempat Anda menghabiskan banyak waktu, seperti rumah, kantor, atau sekolah, memiliki pengaruh signifikan terhadap kesehatan mental. Seperti halnya mempengaruhi struktur dan fungsi otak, meningkatkan risiko gangguan daya ingat, kesulitan belajar, dan gangguan perilaku. Sebaliknya, jika lingkungan tersebut sehat dapat memberikan dampak positif, seperti mengurangi stres.

BACA JUGA:Perlindungan Anak, Pemberdayaan Perempuan, dan Kesehatan Mental Dibahas Mutuara Annisa dan Mega Safira di Bali

4. Faktor Sosial dan Ekonomi

Faktor sosial dan ekonomi juga memainkan peran penting dalam kesehatan mental. Kondisi seperti tidak memiliki pekerjaan, pendapatan dan tingkat pendidikan yang rendah, utang, dan kemiskinan dapat berdampak negatif. Faktor-faktor itu sering berkaitan dengan kondisi lingkungan dan mempengaruhi semua kelompok usia, termasuk anak-anak dan remaja.

5. Faktor Kebiasaan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: