Berikan Pelatihan Kepada Petani, BMKG Resmikan Sekolah Lapangan Iklim

Berikan Pelatihan Kepada Petani, BMKG Resmikan Sekolah Lapangan Iklim

BMKG Resmikan Sekolah Lapangan Iklim (SLI)--Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika

JAKARTA, HARIAN DISWAY - Plt. Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dwikorita Karnawati dengan resmi membuka Sekolah Lapangan Iklim (SLI) Operasional di Balai Desa Tempak, Kecamatan Candi Mulyo, Magelang, Jawa Tengah pada Selasa 16 Juli 2024. 

Dwikorita menyampaikan pembukaan Sekolah Lapangan Iklim (SLI) Operasional ini, bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada para petani dengan komoditas Hortikultura (buah-buahan).

Selain itu, sebagai peningkatan pengetahuan dan keterampilan petani dalam memanfaatkan informasi iklim dalam mengantisipasi cuaca ekstrem.

Kepada BMKG menjelaskan bahwa pengetahuan tentang cuaca dan iklim akan menjadi pengetahuan yang penting untuk para petani.

BACA JUGA:Hujan Deras di Musim Kemarau, BMKG Tegaskan Bukan Anomali Iklim

BACA JUGA:BMKG Ajak Swasta Sadar Resiko Gempabumi dan Tsunami, Beri Contoh Bandara YIA Yang Tahan Gempa Megathrust 8,7

Hal ini akan membuat mereka dapat beradaptasi dalam laju perubahan iklim sehingga dapat mengembangkan solusi yang efektif dalam bercocok tanam dalam segala musim.

“Petani sekarang haruslah smart, dapat merencanakan supaya tidak gagal panen pada hasil tanamnya. Hal itulah yang menjadi tujuan Sekolah Lapangan Iklim (SLI). Tidak takut dalam menghadapi perubahan iklim dan kondisi ekstrem,” tegasnya.

Adapun dukungan pihak lain terhadap program yang dilakukan BMKG ini, salah satunya Anggota Komisi 5 DPR RI, Ir. Sudjadi yang hadir secara online. Ia menyampaikan dukungannya terhadap pengembangan program Sekolah Lapangan Iklim (SLI) yang dibentuk oleh BMKG.

“Saya minta kepada kepala desa untuk mengirimkan petani yang kompeten dalam memperhatikan dan menyemangati acara ini. Program ini harus sukses, terutama pada dapil saya. Yang menjadi penting petani dapat belajar posisi dan memanfaatkan kondisi yang berada di wilayah masing masing” tambahnya.

BACA JUGA:Musim Kemarau Tapi Masih Turun Hujan? Ini Penjelasan BMKG

BACA JUGA:Cegah Karhutla, BMKG Tebar 13 Ton Garam di Langir Kalbar

Sekolah Lapangan Iklim (SLI) ini telah berjalan sejak tahun 2011. Adanya program ini juga sebagai bentuk BMKG dalam perannya menyediakan informasi kepada para petani tentang cuaca dan iklim melalui penyuluhan langsung dilapangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: