Aston Sidoarjo dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Resmikan Sinergi UMKM Lokal ke Pasar Global

Aston Sidoarjo dan Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Resmikan Sinergi UMKM Lokal ke Pasar Global

H. Subandi, S.H. - PLT Bupati Sidoarjo menandatangani surat kerja sama. Selasa, 10 September 2024-Mohammad Nurwahyudi-Harian Disway


Sambutan dari David Eko Susanto sebagai General Manager Aston Sidoarjo. Selasa, 10 September 2024-Mohammad Nurwahyudi-Harian Disway

David juga menambahkan bahwa untuk lebih memperkenalkan batik Sidoarjo, ia telah menjadwalkan para karyawannya untuk memakai seragam batik Sidoarjo dan udeng.

Langkah ini bertujuan untuk menonjolkan kekayaan budaya lokal dan menjadikan batik Sidoarjo sebagai bagian integral dari pengalaman menginap di hotel. 

Delapan pengusaha lokal sudah bekerja sama dengan Aston Sidoarjo. Para pelaku UMKM tersebut sudah tergabung dalam Asmaminda atau Asosiasi Makanan dan Minuman Sidoarjo dan Dekranasda.

Asmaminda menampilkan berbagai produk unggulan mereka, seperti Keripik Kupang dari Bithafish, Macco Chizo dari Ami Kitchen, Telur Asin dari Toko TGan, dan Kuping Gajah dari Qonjamadu. Maharani Crispy juga ikut memamerkan produk Bandeng Asap Bibir Merah yang merupakan kuliner khas Sidoarjo. 

Sementara itu, UMKM yang dinaungi oleh Dekranasda menampilkan produk-produk kerajinan khas Sidoarjo, termasuk batik tulis dari Namiroh, baju batik dari Batik Lintang, serta produk ready to wear kombinasi tenun dari House of Qamira. 

BACA JUGA: Juara Cak dan Ning Surabaya 2024 Sampaikan Gagasan Inovatif dalam Grand Final

BACA JUGA:Grand Final Cak dan Ning Surabaya 2024, Cak Maudah dan Ning Joana Jadi Juara

Produk-produk ini tidak hanya mencerminkan kekayaan tradisi daerah Sidoarjo tetapi juga menunjukkan potensi besar untuk berkembang di pasar global. 

Dengan acara ini, diharapkan sinergi antara Aston Sidoarjo dan UMKM lokal dapat mendorong inovasi produk dan memberikan dampak positif bagi perekonomian daerah, serta mempromosikan kekayaan tradisi dan budaya Sidoarjo di kancah internasional.

*) Mahasiswa Jurusan Bahasa & Sastra Inggris Universitas Airlangga

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: liputan