Penanggulangan Kemiskinan di Daerah: Strategi Perencanaan Pembangunan Daerah

Penanggulangan Kemiskinan di Daerah: Strategi Perencanaan Pembangunan Daerah

ILUSTRASI Penanggulangan Kemiskinan di Daerah: Strategi Perencanaan Pembangunan Daerah. -Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

Kolaborasi dan keterpaduan penanganan kemiskinan itu menjadi bagian penting agar tepat sasaran dan tidak tumpang tindih. Peran tim koordinasi penanggulangan kemiskinan daerah (TKPKD) harus dioptimalkan untuk menyelaraskan antar-stakeholder

Peran NGO/LSM/ormas bahkan lembaga filantropi juga sangat strategis dalam penanganan kemiskinan. Pasalnya, merekalah yang langsung bersentuhan dengan masyarakat, memberikan bantuan yang bersifat langsung maupun pemberdayaan masyarakat melalui advokasi, pelatihan, dan edukasi.

Ketepatan sasaran penerima manfaat program penanggulangan kemiskinan sangat terkait dengan data, dapat menggunakan data registrasi sosial ekonomi (regsosek). 

Basis data kemiskinan harus dilakukan verifikasi dan validasi secara tepat dan berkala. Harus  dilibatkan unsur pemerintah desa/kelurahan (perangkat desa maupun RT/RW atau lembaga kemasyarakatan desa/LKD). Sebab, merekalah yang memahami kondisi lapangan desa/kelurahan masing-masing. 

Penggunaan teknologi akan sangat membantu, memudahkan, efektif, dan efisien, tetapi harus diimbangi SDM yang memadai, sebagaimana pemerintah membangun portal satu data Indonesia (SDI) dan pemerintah daerah saat ini melakukan akselerasi pembangunan portal SDI itu. (*) 


*)Rully Wahyu P. adalah mahasiswa S-3 PSDM Unair.--

 

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: