Festival Bola Putri Unesa: Pesepakbola Wanita Surabaya Berlatih Bareng Pemain dan Pelatih Timnas Australia

Festival Bola Putri Unesa: Pesepakbola Wanita Surabaya Berlatih Bareng Pemain dan Pelatih Timnas Australia

Fiona Hoggart Konjen Australia Surabaya (kanan) menyerahkan bola ke Arumi Bachsin Ketua TP-PKK Pemprov Jatim (kiri) di Lapangan Bola Unesa, Lidah Wetan, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 8 Juni 2023-Moch Sahirol Layeli-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Lapangan Universitas Surabaya (Unesa) dipenuhi pemain sepak bola wanita dari berbagai klub di Jawa Timur pada Kamis pagi, 8 Juni 2023.

 

Ratusan pemain sepak bola wanita yang tergabung dalam kelompok umur 10 (U-10) hingga 13 (U-13) itu, datang ke lapangan bareng sejumlah pelatih dan wasit Jawa Timur.

 

Mereka berkumpul untuk menyambut kedatangan pelatih dan atlet sepak bola wanita dari Australia pada Festival Bola Putri U-10 dan U-13 dan Coaching Clinic.

 

BACA JUGA:BREAKING NEWS! Rombongan Perindo Tiba di Kantor DPP PDIP, Teken Kerja Sama Dukung Ganjar

BACA JUGA:Jokowi-Anwar Ibrahim Tuntaskan Sengketa Batas Laut

 

Banyak kegiatan seru dalam festival itu. Antara lain, fun football yang didampingi langsung oleh Ian Greener, seorang pelatih sekaligus praktisi bola di Australia. Juga Gema Simon, mantan pemain Timnas Australia.

 

Mereka berdua banyak memberi wawasan dan motivasi tentang sepak bola yang bisa dimainkan wanita dengan profesional.

 

BACA JUGA:Alasan Messi Pilih Klub David Beckham Ketimbang Al Hilal dan Barcelona

BACA JUGA:Indonesia Hattrick Juara Umum ASEAN Para Games

 

Selain itu, ada juga program Coaching Clinic yang ditujukan kepada pelatih dan wasit di Jawa Timur. Acara ditutup dengan kompetisi sepak bola sistem trofeo (satu pertandingan tiga tim) untuk peserta sepak bola wanita usia anak-anak

 

Festival bola putri ini merupakan rangkaian acara untuk memeriahkan Piala Dunia Wanita FIFA 2023 yang akan berlangsung di Australia dan Selandia Baru pada 20 Juli hingga 20 Agustus 2023 mendatang. Festival serupa sudah digelar di tiga kota besar Indonesia. Yaitu, Jakarta, Bandung, dan Surabaya.


Suasana latihan para pemain Festival Sepak Bola Putri U10-13 di Lapangan Bola Unesa, Lidah Wetan, Surabaya, Jawa Timur, Kamis, 8 Juni 2023-Moch Sahirol Layeli-Harian Disway

Di Surabaya, Konsulat-Jenderal Australia di Surabaya bekerjasama dengan Football Australia, Asprov PSSI Jawa Timur, dan Universitas Surabaya (Unesa) untuk menggelar rangkaian acara festival itu.

 

Konsul Jenderal (Konjen) Australia di Surabaya Fiona Hoggart mengatakan, dipilihnya Jawa Timur karena menjadi rumah bagi banyak pemain sepak bola hebat.

 

"Karena itu, kami bangga bisa mempersembahkan kesempatan itu bagi para pemain sepak bola muda wanita dan pelatih mereka berlatih bersama pemain dan pelatih Timnas Australia. Tujuan untuk menemukan Sam Kerr-nya (Samantha Kerr, bintang sepakbola wanita Australia,Red) Indonesia dari generasi ini," ujar Fiona, Kamis, 8 Juni 2023.

 

BACA JUGA:Hanya Ada 100 Unit, All New Honda Civic Type R Langsung Ludes

BACA JUGA:Hari Ketiga Latihan di Surabaya, Skuad Garuda Belum Lengkap

 

Sementara Sekretaris PSSI Jawa Timur Dyan Puspito Rini berharap Festival Bola Wanita ini menjadi kesempatan menimba wawasan sekaligus dukungan pembinaan dan meningkatkan prestasi pemain. Juga ajang pengenalan untuk geliat generasi pesepak bola muda wanita di Jawa Timur, baik nasional maupun Internasional.

 

"Acara ini mengusung tema Dare to Dream. Yang berarti, berani bermimpi. Diharapkan menjadi obor penyemangat serta menginspirasi bibit-bibit muda kami meraih prestasinya ke depan," tandas Ririn -sebutan Dyan Puspito Rini.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: