Reaksi Prabowo Melihat Patung Jenderal Soedirman di Kantor Kementerian Pertahanan Jepang

Reaksi Prabowo Melihat Patung Jenderal Soedirman di Kantor Kementerian Pertahanan Jepang

Menhan RI Prabowo Subianto diterima oleh Menhan Jepang Kihara Minoru di kantor Kementerian Pertahanan Jepang di Tokyo, Rabu, 3 April 2024. -Kemenhan Jepang-


Menhan Prabowo Subianto dan Menhan Jepang Kihara Minoru saat bertemu di Tokyo, Rabu, 3 April 2024. -Kemenhan RI-

BACA JUGA:Melalui Prabowo, Xi Jinping Titip Salam Kepada Jokowi

BACA JUGA:Kejagung Dalami TPPU Harvey Moeis, Suami Sandra Dewi

Prabowo menilai, para kadet yang telah dikirim bersekolah di Jepang menunjukkan hasil yang baik untuk kualitas sumber daya manusia (SDM) pertahanan Indonesia.

"Saat ini saya ke Jepang berharap ada penambahan jumlah pengiriman Kadet Indonesia lebih banyak lagi di masa mendatang," lanjut ketua umum Partai Gerindra itu.

Hal lain yang dibahas Prabowo dan Minoru adalah terkait kerja sama pertahanan bilateral maupun multilateral. Perkembangan keamanan regional juga menjadi isu penting dalam pertemuan dua menhan tersebut.

Menurut Minoru, Jepang selalu ingin menjaga kawasan Indo-Pasifik. Harapannya, kawasan Indopasifik menjadi kawasan yang bebas dan terbuka namun tetap berdasar pada supremasi hukum bersama Indonesia sebagai negara maritim. 

Prabowo Hadiahkan Keris

Sebelum berpamitan, Prabowo memberikan cinderamata kepada Minoru berupa keris berwarna emas. Sedangkan Minoru memberikan hadiah kepada Prabowo berupa jam hias dengan ornamen warna emas.

Kunjungan ke Jepang ini merupakan lanjutan lawatan luar negeri Prabowo setelah sebelumnya berkunjung ke Tiongkok. Prabowo memenuhi undangan Presiden Tiongkok Xi Jinping dalam kapasitas sebagai presiden terpilih. 


Menhan Ri Prabowo Subianto disambut Menhan Jepang Kihara Minoru di kantor Kemenhan jepang di Tokyo, Rabu, 3 April 2024. -Kemenhan RI-

Di Tiongkok, Prabowo menyempatkan diri bertemu dengan PM Tiongkok Li Qiang dan Menhan Tiongkok Dong Jun. Prabowo juga berkunjung ke sekolah menengah di Beijing, yakni Beijing No. 2 Middle School di Dongcheng District, Beijing, untuk melihat penerapan makan siang gratis di sekolah tersebut.

Tiongkok menjadi negara pertama yang dikunjungi Prabowo setelah diumumkan menjadi presiden terpilih hasil Pemilu 2024. Ini mengingatkan pada 2014. Saat itu Presiden Jokowi juga menjadikan Tiongkok menjadi negara pertama yang dikunjungi. Bedanya, Jokowi ke Tiongkok setelah resmi dilantik sebagai presiden. (*)

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: