Tingkatkan Kecerdasan Otak dengan 5 Kebiasaan Baik Jelang Tidur, Anda Siap Melakukan yang Nomor Berapa?

Tingkatkan Kecerdasan Otak dengan 5 Kebiasaan Baik Jelang Tidur, Anda Siap Melakukan yang Nomor Berapa?

Tidur adalah kebutuhan esensial bagi kesehatan tubuh dan otak. Tidak hanya sebagai waktu istirahat, tetapi tidur juga merupakan waktu penting bagi otak untuk mengolah informasi, memperbaiki sel-sel saraf, dan mengonsolidasi memori. --Pinterest

HARIAN DISWAY - Tidur adalah kebutuhan esensial bagi kesehatan tubuh dan otak. Tidak hanya sebagai waktu istirahat, tetapi tidur juga merupakan waktu penting bagi otak untuk mengolah informasi, memperbaiki sel-sel saraf, dan mengonsolidasi memori.

Namun, kualitas tidur dan kegiatan sebelum tidur bisa berdampak besar pada fungsi otak. Berikut ini adalah 5 kebiasaan yang dapat Anda lakukan menjelang tidur untuk meningkatkan kecerdasan otak.

1. Membaca Buku

Membaca sebelum tidur adalah cara yang efektif untuk merangsang otak dan meningkatkan pengetahuan. Aktivitas ini membantu mengurangi stres dan mempersiapkan tubuh untuk tidur.

BACA JUGA: Bikin Tidur Lebih Berkualitas, Begini Cara Desain Kamar yang Tepat

Membaca buku, terutama yang non-fiksi atau buku ilmiah, dapat memperluas wawasan Anda dan meningkatkan kemampuan analitis. Selain itu, membaca cerita fiksi dapat meningkatkan empati dan keterampilan sosial.

Dengan begitu dapat membawa Anda ke dalam pikiran dan perasaan karakter-karakter dalam cerita yang mampu mengembangkan imajinasi. Membaca cerita fiksi juga mempu mengolah kecerdasan emosi.

2. Menulis Jurnal

Menulis jurnal atau yang sering disebut journaling adalah kebiasaan yang bermanfaat untuk kesehatan mental dan kecerdasan emosional. Dengan menulis, Anda dapat merinci pengalaman, perasaan, dan pemikiran Anda.

BACA JUGA: Ingin Tidur Berkualitas? Begini Pengaruh Posisi Tidur terhadap Kesehatan

Semua itu dapat membantu dalam proses refleksi diri dan pemahaman diri. Jurnal juga bisa menjadi tempat untuk menuliskan ide-ide kreatif dan rencana masa depan yang dapat merangsang pemikiran kritis dan keterampilan perencanaan.

Selain itu, menulis tentang hal-hal yang Anda syukuri sebelum tidur bisa meningkatkan suasana hati dan membantu tidur lebih nyenyak. Cobalah untuk melakukannya karena menulis jurnal tak sulit dilakukan segera sewaktu-waktu di tengah waktu Anda.

3. Mendengarkan Musik Klasik atau Audiobook

Mendengarkan musik klasik atau audiobook sebelum tidur bisa memberikan efek menenangkan dan merangsang otak. Musik klasik, seperti karya-karya Mozart atau Beethoven, telah terbukti dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan kognitif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: