Cek Khodam di Live Tiktok Trending di Kalangan Gen-Z, Anies Baswedan Pun Bingung!

Cek Khodam di Live Tiktok Trending di Kalangan Gen-Z, Anies Baswedan Pun Bingung!

CEK khodam di live Tiktok trending di kalangan Gen-Z, Anies Baswedan pun bingung!-TikTok-

HARIAN DISWAY - Warganet sedang ketagihan aktivitas unik saat ini. Yakni, cek khodam.

Cara mengeceknya pun nyeleneh. Bukan dengan pergi ke guru spiritual atau "orang pintar". Melainkan, cukup dengan menonton siaran langsung alias live di platform TikTok.

Dan tentu saja, apa pun yang viral di TikTok akan menyebar ke media sosial lain. Termasuk X dan Instagram. Komentar-komentar seperti, "Kak, cek khodamku dong," atau "Mau cek khodam dulu di TikTok," memenuhi linimasa X.

BACA JUGA:ByteDance PHK 450 Karyawan Imbas Merger TikTok Shop dengan Tokopedia

Selain itu, bermunculan aplikasi yang dibuat untuk bisa mengecek khodam.


CEK khodam di live Tiktok trending di kalangan Gen-Z, Anies Baswedan pun bingung! Foto: Aplikasi untuk mengecek khodam sendiri.-Vercell-

Sebenarnya, tren apa sih itu? Siapa yang memulainya? Dan kenapa jadi trending, terutama di kalangan Gen Z? Simak penjelasan berikut.

Makna Khodam

Khodam diambil dari kata dalam bahasa Arab khodim, yang artinya adalah pembantu atau pelayan. Nah, Khodam merupakan suatu entitas berupa makhluk halus yang perannya "membantu" manusia pada waktu-waktu tertentu.

Bisa dibilang, khodam merupakan pembantu atau penjaga manusia. Untuk memeriksa apakah terdapat khodam dalam diri kita tentunya perlu orang yang ahli dalam hal itu serta ritual pemeriksaannya.

BACA JUGA:Kursus TikTok di Tiongkok, Anak Muda Rela Berjilbab agar Dagangan Laris

BACA JUGA:TikTok Terancam Hilang di AS, CEO TikTok Kritik Keras RUU Larangan Penggunaan Aplikasinya

Menurut kepercayaan Jawa, bentuk khodam itu berbeda-beda. Kebanyakan menyerupai sosok binatang. Kabarnya juga, karakter makhluk tersebut juga dapat mempengaruhi karakter orangnya. Kalau khodam-nya macan, misalnya, maka dikatakan orangnya galak atau pemberani.


CEK khodam di live Tiktok trending di kalangan Gen-Z, Anies Baswedan pun bingung! Foto: kian banyak yang buka jasa cek khodam di media sosial.-Twitter-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber