Kisah Inspiratif Mahasiswa IISMAVO: Menimba Ilmu di Dunia Internasional

Kisah Inspiratif Mahasiswa IISMAVO: Menimba Ilmu di Dunia Internasional

Fakultas Vokasi Unair Cetak Lulusan Double Degree. Fakultas Vokasi Unair bekerja sama dengan Asia University, Taiwan.-Maulana Pamuji Gusti-Harian Disway-

IISMAVO atau Indonesian International Student Mobility Award for Vokational Students merupakan program pemerintah yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa vokasi untuk belajar di kampus luar negeri

IISMAVO adalah bagian dari Program Kampus Merdeka yang memberikan beasiswa melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia. Program itu mendanai mahasiswa Indonesia untuk menjalani mobilitas internasional selama satu semester di universitas dan industri terkemuka di luar negeri.

Program ”pertukaran pelajar” tersebut membuka peluang bagi mahasiswa vokasi untuk berkembang menempa diri dengan pengetahuan dan pengalaman yang diperoleh selama belajar di kampus luar negeri. 

BACA JUGA: Pengukuhan Mahasiswa Baru Universitas Airlangga Program Magister dan Doktor

BACA JUGA: Hedonisme Mahasiswa Penerima Beasiswa KIP: Hidup Mewah X Mental Lemah

Pengalaman yang dimiliki dan pengetahuan yang dikantongi menjadi bekal berharga bagi mahasiswa setelah lulus dari bangku perkuliahan nantinya. Maka itu, tak heran jika mahasiswa vokasi saling berebut untuk bisa mengikuti program IISMAVO. 

Tentu, untuk memperoleh kesempatan emas tersebut tidaklah mudah. Ada seleksi ketat untuk memilih mahasiswa yang siap ”diterbangkan” ke luar negeri menimba ilmu di kancah internasional. 

Salah seorang peraih IISMAVO 2024 ialah Muhriza, mahasiswa D-4 Perbankan dan Keuangan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Muhriza mendapat kesempatan untuk belajar di Program Studi International Business Environmental Strategy Universite Polytechnique Hauts-de-France. 

BACA JUGA: Mahasiswa Belajar Bersama Komunitas

BACA JUGA: Waspadai Krisis Identitas Mahasiswa Masa Emerging Adult

Ada banyak hal yang diamati dan dipelajari selama berada di kampus terkemuka tersebut.

SISTEM PEMBELAJARAN YANG EFISIEN DI PRANCIS

Berdasar pengalaman yang dibagikan Muhriza, sistem pembelajaran di Prancis terbilang efisien dan unik. Bagaimana tidak, dosen hanya memberikan materi selama satu jam pertama perkuliahan. 

Selebihnya, waktu diberikan kepada mahasiswa untuk diskusi kelompok. Seusai berdiskusi selama satu jam perkuliahan, mahasiswa diminta untuk memaparkan hasil diskusi di hadapan dosen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: