Toni Liono Kenalkan Taichi ke Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan ASN Pemkot

Toni Liono Kenalkan Taichi ke Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi dan ASN Pemkot

Founder Duta Taichi Indonesia Toni Liono (kiri) dan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi senam taichi di halaman Balai Kota, Kamis, 25 Mei 2023.-Humas Pemkot Surabaya-Harian Disway

SURABAYA, HARIAN DISWAY - Jangan kaget kalau setelah ini Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi jago taichi. Pagi tadi, Jumat, 26 Mei 2023, Cak Eri –sapaan Eri Cahyadi– belajar olahraga yang mulai berkembang di Tiongkok sejak abad ke-13 itu. Pengajarnya langsung oleh founder Duta Taichi Indonesia Toni Liono.  

Tidak hanya Cak Eri yang belajar taichi. Ratusan pejabat dan ASN Pemkot Surabaya juga ikut serta. Mereka memuai senam taichi pukul 06.00 di Taman Surya, halaman Balai Kota Surabaya. Satu jam lamanya senam taichi dilaksanakan.  

Sesi pengenalan senam taichi di lingkungan Pemkot Surabaya, sudah berlangsung sejak Kamis, 25 Mei 2023. Saat itu diikuti 600 ASN Pemkot Surabaya. Di hari kedua tadi diikuti 400 peserta. 

"Karena senam ini bukan hanya mengandalkan kekuatan kuda-kuda kaki saja. Tetapi, juga melatih daya ingat peserta," ujar Toni Liono.


Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi belajat taichi di halaman Balai Kota Surabaya, Jumat 26 Mei 2023. -Humas Pemkot Surabaya-

Toni meminta para peserta fokus mengikuti setiap gerakan jurus yang diajarkan pelatih. Seperti, jurus tepuk nadi yang dilatihnya langsung. Sedangkan, jurus chikung, diajarkan oleh Sifu Hengky Siswoyo.

Toni lega, selama dua hari melatih, banyak yang senang dengan senam taichi. Sejumlah camat di Surabaya, mulai tertarik mengajaknya datang ke wilayahnya masing-masing, untuk melatih warga lansia belajar senam taichi.

"Dalam waktu dekat kami ke sana. Kami menyambut antusias ajakan mereka," ujar pria 70 tahun itu.

BACA JUGA:Novel Baswedan: Perpanjangan Masa Jabatan Pimpinan KPK Bukan Untuk Firli Bahuri Cs

BACA JUGA:Cheng Yu Pilihan Owner Minasari PLT Malaysia Evita Mirnasari: Tian Dao Chou Qin

Toni memang punya keinginan mendirikan 100 titik sasana taichi di seluruh Kota Pahlawan. "Kini masih 30 titik, ini yang akan terus kami kembangkan," tandas Toni. (*)


Eri Cahyadi bersama ratusan ASN Pemkot Surabaya belajar taichi, Jumat 26 Mei 2023. -Humas Pemkot Surabaya-

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: