Gandeng Kampus, Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital Civitas Akademika

Gandeng Kampus, Kemenkominfo Tingkatkan Literasi Digital Civitas Akademika

Seminar literasi digital sektor pendidikan bertajuk Membangun Generasi Emas Cakap Digital.-Kemenkominfo-

 

 

Rektor Universitas Aisyah Pringsewu, Wisnu Prabo Wijayanto, menekankan bahwa dunia pendidikan adalah dunia masa depan, dunia dengan dinamika yang perlu jadi sorotan. “Literasi dunia pendidikan khususnya di perguruan tinggi berperan penting dalam kemajuan teknologi. Kita harus memastikan bahwa staf dan mahasiswa mempunyai kemampuan yang cukup,” pesannya.

 

 

 

Dalam seminar, salah satu pemateri digital ethics, Upi Asmarandhana, memberikan tujuh tips untuk menyeimbangkan kebebasan yang dimiliki dan tanggung jawab secara sosial bagi mahasiswa. Salah satunya adalah prinsip post yang penting, bukan yang penting posting. “Ada empat tujuan posting. To inform atau menginformasi, to educate atau memberikan ilmu pengetahuan, to entertain atau menjadi sarana interaksi dan produktif, serta menjalin hubungan sosial,” urainya.

 

 

 

Pada kesempatan yang sama, Zulkifli yang merupakan pemateri digital skills, pun membekali civitas akademika dengan pengertian tentang tingkatan literasi digital yang relevan. “Tingkat rendah adalah penggunaan, tingkat sedang adalah pengembangan, dan tingkat tinggi adalah security,” ungkapnya. Dia berharap, tercakupnya tiga tingkat keterampilan tersebut mampu memaksimalkan literasi digital bagi para mahasiswa.

 

 

 

Seminar Membangun Generasi Emas Cakap Digital merupakan rangkaian dari program Indonesia Makin Cakap Digital (IMCD) 2024. Acara tersebut dihadiri 500 peserta. Seluruh rangkaian kegiatan bertujuan mengedukasi insan pendidikan agar kritis dalam menghadapi hoax dan dapat menciptakan ruang digit

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: