Sinopsis Film Dokumenter Black Barbie, Kisah Inspiratif di Balik Barbie Berkulit Hitam

Sinopsis Film Dokumenter Black Barbie, Kisah Inspiratif di Balik Barbie Berkulit Hitam

Sinopsis film dokumenter Black Barbie, ungkap kisah inspiratif di balik hadirnya barbie berkulit hitam. --Netflix

Film ini menampilkan wawancara dengan Beulah Mae Mitchell, perancang utama Barbie kulit hitam. Serta dua perempuan lain yang berkontribusi menciptakan Black Barbie pertama, yakni Kitty Black Perkins dan Stacey McBride Irby.

Mereka akan membagikan kisah yang belum terungkap di publik terkait hadirnya Black Barbie di antara boneka Barbie lainnya.

BACA JUGA:Barbie Capai USD 1 M di Box Office Global, Greta Gerwig Catat Sejarah Besar

Semua dimulai pada akhir dekade 1970-an. Ketika Beulah Mae Mitchell, waktu itu masih menjadi desainer di Mattel, meeting dengan para direksi. Ruth Handler, salah seorang founder Mattel, bertanya kepada karyawan. Apakah mereka mempunyai saran untuk meningkatkan perusahaan.

Beulah Mae Mitchell dengan ringan menjawab: "Kami kepingin Barbie (berkulit) Hitam."

Sebagai perempuan kulit hitam, Mitchell tidak menganggap permintaan itu sebagai masalah besar. Padahal, di zaman ketika Amerika Serikat baru sekitar 10 tahun terlepas dari politik segregasi ras, itu tindakan revolusioner.


SINOPSIS film dokumenter Black Barbie, kisah inspiratif di balik Barbie berkulit hitam. Foto: tiga perempuan penting Black Barbie, Beulah Mae Mitchell (kanan), bersama Kitty Black Perkins dan Stacey McBride-Irby.-Netflix-

BACA JUGA:Raup Banyak Keuntungan, Barbie dan Oppenheimer Kuasai Box Office di Pekan Kedua

BACA JUGA:Film Barbie Bikin Boneka dan Museum Makin Laris di Jerman

Seperti banyak perempuan kulit hitam di generasinya, Mitchell tidak menganggap tindakannya ternyata superpenting dan membuat perubahan besar.

Kata-kata Mitchell itu bahkan memiliki dampak lebih besar dari yang dia bayangkan. Pada 1976, Mattel mempekerjakan Kitty Black Perkins, desainer kulit hitam pertama. Dialah yang merancang Barbie Hitam pertama beberapa tahun kemudian.

"Saya ingin mencerminkan penampilan total seorang perempuan kulit hitam. Saya ingin (Black Barbie) menjadi antitesis dari Barbie, dan kebalikan dari Christie," kata Kitty Black Perkins di dokumenter. Dia mengacu pada teman Barbie yang berkulit hitam, yang memulai debut pada 1968.

Barbie Hitam memiliki penampilan khas Afro. Tidak sekadar spesimen Barbie yang biasa, lalu dicat cokelat gelap.

BACA JUGA:Inilah Tiga Hal Berat yang Dirasakan America Ferrera saat Bermonolog dalam “Barbie”

Namun, bibirnya juga dibuat lebih penuh, hidungnya sedikit lebih lebar daripada hidung Barbie. Dia mengenakan perhiasan mencolok dan rok berwarna merah dengan belahan setinggi paha. Dia terinspirasi dari koleksi kostum Diana Ross saat manggung.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: Guardian