Suegerr! 6 Resep Infused Water Berikut Manfaatnya Bagi Tubuh

Suegerr! 6 Resep Infused Water Berikut Manfaatnya Bagi Tubuh

SUEGERR! 6 resep infused water berikut manfaatnya bagi tubuh.-Freepik-

HARIAN DISWAY - Tidak bisa dipungkiri bahwa minum air sangatlah penting dan memiliki banyak manfaat. Orang dewasa memiliki kebutuhan minum air sedikitnya 1,5 liter per hari.

Namun, ada kalanya kita bosan minum air putih yang rasanya tawar. Ternyata menjaga hidrasi tubuh bisa dilakukan dengan cara yang lebih asyik, lho. Salah satunya, dengan minum infused water. Kami punya rekomendasi 6 resep infused water yang sehat dan kaya manfaat.

Infused water, atau disebut juga atau detox water adalah air tawar atau air mineral yang diberi potongan buah, sayuran, atau rempah-rempah.

BACA JUGA: Ingin Membuat Pasta Carbonara yang Mudah? Nyontek Resep Jesselyn Lauwreen Ini Yuk!

Selain menyegarkan, infused water memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Mulai dari meningkatkan metabolisme, mengeluarkan racun dari tubuh, dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Infused water juga mudah dibuat sendiri di rumah. Anda hanya perlu mengkombinasikan buah, sayuran, atau rempah-rempah kesukaan selama bahan yang digunakan masih segar dan organik.

Berikut ini ada 6 resep infused water paling populer yang bisa Anda coba buat sendiri di rumah.

BACA JUGA: Resep Homemade Burger Ala Jamie Oliver, Asyik Buat Bekal Ngantor

1. Campuran buah apel dan cuka apel untuk diet


SUEGERR! 6 resep infused water berikut manfaatnya bagi tubuh.-Freepik-

Resep infused water yang satu ini dapat membantu Anda mengurangi lemak pada perut dan meningkatkan metabolisme tubuh.

Sebuah studi pada jurnal Clinical Nutrition ESPEN menunjukkan bahwa apel dan cuka apel efektif dalam proses pengontrolan glikemik yang dapat membantu membakar lebih banyak lemak.

Bahan-bahan:

2 sdm cuka apel

1 buah apel merah yang telah dicuci dan dipotong kecil-kecil

1 gelas air putih atau takaran bisa sesuai selera

Cara membuatnya sangat mudah. Pertama, masukkan potongan-potongan apel ke dalam segelas air yang telah disiapkan. Masukkan dua sendok makan cuka apel, lalu aduk rata. Simpan dalam lemari es sebelum dinikmati.

BACA JUGA: Nyokelat Pol! Resep Chocolate Sponge Cake with Chocolate Ganache Ala Elin Sulivan Buat Penggemar Dessert

2. Hati sehat dengan campuran lemon dan mentimun


SUEGERR! 6 resep infused water berikut manfaatnya bagi tubuh.-Freepik-

Resep infused water yang satu ini sangat sederhana namun sangat menyegarkan dan menyehatkan. Lemon dapat memperkuat metabolisme tubuh dan membersihkan hati, sementara mentimun dapat memberikan efek antioksidan dan anti-inflamasi.

Bahan-bahan:

2 buah lemon 

1 buah mentimun segar

1 liter air putih

Cara membuatnya, iris lemon dan mentimun menjadi bundaran-bundaran pipih. Masukkan lemon ke dalam wadah yang berisi 1 liter air. Kemudian masukkan ke dalam kulkas semalaman, agar kandungan lemon dan mentimun bercampur dengan air.

Setelah didiamkan semalaman, infused water bisa dinikmati sepanjang hari. Lebih baik bikin dua liter sekalian, agar suplai infused water terjaga sampai malam. Resep di atas tinggal dikalikan dua.

BACA JUGA: Resep Sehat Chickpea Salad ala Masterchef Stefani Horison

BACA JUGA: Resep Sapi Bumbu Rujak dan Sup Udang Jamur Tanpa Micin Ala Chef Juna

3. Campuran lemon, semangka, dan daun mint untuk kesehatan jantung


SUEGERR! 6 resep infused water berikut manfaatnya bagi tubuh.-Freepik-

Infused water campuran lemon, semangka, dan daun mint sangat bermanfaat untuk memperkuat jantung dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Menurut sebuah studi oleh Burton-Freeman, kandungan L-citrulline yang tinggi pada buah semangka berguna untuk memperlancar aliran darah dan memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah kram otot.

Bahan-bahan:

1 buah lemon

Irisan semangka secukupnya

10 lembar daun mint

1 liter air

Cara membuatnya, masukkan irisan-irisan semangka dan daun mint ke dalam wadah berisi 1 liter air. Peras 1 buah lemon lalu masukkan airnya ke dalam campuran semangka dan daun mint tadi. Aduk rata. Tambahkan es batu jika suka. Infused water siap dinikmati.

BACA JUGA: Smoky Yummy! Ini Resep Kerang Bakar Jimbaran ala Chef Renatta yang Lezatnya Menggoda

BACA JUGA: Cireng Camilan Gurih Nan Praktis, Ini Resepnya yang Mudah Dibuat di Dapur Rumah

4. Campuran buah pir, lemon, dan daun mint untuk pencernaan lebih sehat


SUEGERR! 6 resep infused water berikut manfaatnya bagi tubuh.-Freepik-

Resep ini sangat berguna untuk menjaga sistem pencernaan agar tetap bekerja dengan baik. Buah pir dapat meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan terutama pada sistem pencernaan seperti proses penyerapan nutrisi sampai pembentukkan tinja.

Selain itu, buah pir juga kaya akan serat yang dapat memberikan rasa kenyanglebih lama sehingga menjaga berat badan tetap ideal.

Bahan-bahan:

1 buah pir

10 lembar daun mint

1 buah lemon

1 liter air

Pertama, iris buah pir dan lemon, kemudian masukkan ke dalam tumbler berisi 1 liter air. Tambahkan daun mint. Masukkan ke dalam kulkas semalaman. Agar kandungan-kandungan dalam buah dapat tercampur dengan sempurna. Infused water bisa dinikmati besoknya.

BACA JUGA: Efektif! 6 Makanan Sehat Ini Bikin Warga Jepang Berumur Panjang

BACA JUGA: Menumbuhkan Kebiasaan Makanan Sehat pada Anak 

5. Campuran nanas dan ceri untuk meredakan nyeri otot


SUEGERR! 6 resep infused water berikut manfaatnya bagi tubuh.-Freepik-

Resep infused water yang satu ini cocok diminum untuk meredakan pegal-pegal di tubuh Anda.

Hal itu disebabkan oleh kandungan polifenol dalam nanas dan ceri yang telah terbukti memiliki efek antioksidan dan anti-inflamasi. Yang dapat mengurangi rasa sakit pada otot dan mempercepat pemulihan kerusakan otot.

Bahan-bahan:

1 buah nanas yang telah dipotong-potong

10 buah ceri segar atau beku

1 liter air

Cara membuatnya, masukkan potongan buah nanas dan ceri ke dalam sebuah wadah. Tumbuk perlahan menggunakan sendok agar bercampur, tidak perlu sampai benar-benar hancur.

Setelah itu, tambahkan 1 liter air ke campuran nanas dan ceri tumbuk tadi. Masukkan ke dalam kulkas selama 2 jam, dan infused water sudah siap disajikan.

BACA JUGA: Simak! Tiga Pola Hidup Sehat di Tengah Padatnya Kesibukan

BACA JUGA: Jambu Bisa Menyembuhkan Kram Otot, Masih Ada 7 Manfaat Lain untuk Kesehatan Anda, Yuk Baca!

6. Campuran stroberi dan daun basil


SUEGERR! 6 resep infused water berikut manfaatnya bagi tubuh.-Freepik-

Stroberi mengandung vitamin C dan antioksidan. Sedangkan daun basil bermanfaat untuk memperbaiki suasana hati dan meningkatkan daya ingat. Wah ini cocok buat menjaga kesehatan mental!

Bahan-bahan:

6 buah stroberi atau sesuai selera

10 lembar daun basil

1 liter air

Cara membuatnya, iris-iris buah stroberi menjadi lebih kecil. Masukkan irisan buah stroberi dan daun basil ke dalam 1 liter air. Diamkan dalam kulkas selama beberapa jam dan infused water siap dinikmati.

Itulah 6 resep infused water yang sehat dan banyak manfaat. Bahan-bahannya sangat sederhana, cara membuatnya pun super simpel.

Dengan minum infused water secara teratur, tubuh dapat memperoleh berbagai manfaat. Mulai dari hidrasi yang cukup, pencernaan yang baik, berat badan ideal, serta organ-organ tubuh yang tetap sehat.

Infused water juga bisa jadi alternatif mengonsumsi buah dan sayur. Jadi, tunggu apa lagi? Dapatkan tubuh yang lebih sehat dengan mulai minum segelas infused water mulai hari ini. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: berbagai sumber