Keren! Inilah 23 MV K-Pop Terbaik yang Dirilis Sepanjang 2023, Ada NewJeans sampai Stray Kids

Keren! Inilah 23 MV K-Pop Terbaik yang Dirilis Sepanjang 2023, Ada NewJeans sampai Stray Kids

KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids. -ADOR Entertainment -

HARIAN DISWAY - Tahun 2023 memanglah tahunnya K-Pop. Tahun ini banyak sekali idol group yang menorehkan prestasi. Baik di Korea maupun di level internasional.

Saking pecahnya, kompetisi yang ada antara idol group juga semakin besar. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya grup dari berbagai agensi yang melakukan debut dan comeback dalam waktu berdekatan.

Selain itu, jumlah penggemar K-Pop sepanjang tahun ini mengalami peningkatan pesat di seluruh dunia. Berakhirnya pandemi dan maraknya konser membuat komunitas fans baru tumbuh.

BACA JUGA:Superkeren! Inilah 7 Debut Terbaik K-Pop 2023, Ada ZeroBaseOne hingga BabyMonster

Nah, di tahunnya K-Pop ini, ada ratusan music video (MV) K-Pop keren yang dirilis oleh idol group maupun member grup yang menjalani proyek solo. Di antara yang ratusan itu, ada 23 MV K-pop terbaik versi Teen Vogue.

23. U-Know (Vuja De)


KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids.-SM Entertainment -

U-Know atau yang lebih dikenal dengan Yunho TVXQ tahun ini memanjakan para penggemar dengan comeback ketiganya yang berjudul Vuja De. Vuja De adalah kebalikan dari kata deja vu. Dalam MV Vuja De, Yunho menyajikan suasana yang cerah dan berwarna. Namun, makna lagunya tak seindah aura yang ditampilkan dalam MV. Liriknya sedih banget...

22. ATEEZ, (BOUNCY (K-HOT CHILI PEPPERS)


KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids.-KQ Entertainment -

Seperti biasa, ATEEZ memanjakan para penggemar mereka dengan MV berkonsep badass ala mafia. Dengan latar belakang dunia post apocalyptic. Dalam MV Bouncy, Hongjoon dkk tampil menawan dengan visual yang sangat tampan. Setiap member menampilkan pesona yang bakal bikin siapa saja kepincut. Apalagi lagunya juga candu banget.

BACA JUGA:Selain Doyoung NCT, Ini 15 Idol K-Pop yang Dikecam karena Mempromosikan Starbucks

BACA JUGA:Wajib Masuk Playlist! Inilah 50 Lagu K-Pop Terbaik Sepanjang 2023, Ada Favoritmu?

21. NewJeans (ETA)

Nah yang satu ini sangat berbeda dengan Bouncy milik ATEEZ. NewJeans dikenal dengan sinematografi MV mereka yang luar biasa bagus. Hal itu tak lepas dari campur tangan Min Hee Jin, CEO mereka, yang memiliki visi artistik out of the box. Sentuhannya selalu estetik, penuh warna cerah, tapi sesuai dengan kepribadian artisnya.

ETA sendiri memiliki konsep seperti sebuah drama remaja yang bikin salting. Bagaimana tidak, di sini NewJeans berperan sebagai sahabat tokoh utama yang memergoki pacar teman mereka yang sedang berselingkuh. Lirik lagu dan akting Minji dkk di MV ini terlihat sangat menyatu. 

20. KARD (ICKY)

Debut pada 2016 lalu, KARD hingga saat ini masih menjadi ikon di dunia hiburan Korea. Tahun ini, KARD kembali eksis dengan merilis MV berjudul ICKY. Dalam ICKY, ketangguhan mereka ditampilkan secara penuh karena grup co-ed ini tidak hanya bersandar pada sensualitas belaka. Namun juga pada eksistensi mereka yang jadi senjata mematikan. Dalam klip video, adegan sensual Jiwoo saat dia memikat para anggotanya, merupakan momen-momen yang terinspirasi dari horor psikedelik, dan syair BM.

BACA JUGA:10 Konser K-Pop dengan Pendapatan Tertinggi 2023, Ada BLACKPINK hingga Suga BTS

19. THE BOYZ (Roar)

Pada awal MV terlihat seluruh anggota THE BOYZ seperti berada di atas awan. Maklum, MV ini mengusung konsep malaikat yang jatuh dari langit. Meski begitu, nuansa badass ala boy group masih melekat dengan erat di MV Roar. Disutradarai oleh Rigend Film (yang telah bekerja sama dengan beberapa artis K-pop lainnya termasuk TWICE dan Taemin), Roar menunjukkan perkembangan karakter dari seorang malaikat yang suci menjadi malaikat kegelapan. Sinematografi, visual, lagu, dan latar MV menyatu dengan sangat epik. 

18. tripleS LOVElution (Girls’ Capitalism)

Debut pada 2022, tripleS membawa konsep yang unik di generasi ke-4 K-Pop. Dalam video unik yang menggemaskan ini, girl grup rookie LOVElution itu mendapati diri mereka menangisi uang, makan uang, melakukan pemanggilan arwah, dan melakukan apa pun yang mereka bisa untuk menjadi kaya dan cantik.

Meskipun terdengar sedikit horor, pesan video ini sangat dalam. Di antara skema penghasil uang, ada cerita tentang sekelompok gadis yang belajar untuk mencintai dan menerima diri mereka sendiri. Tak peduli seberapa "aneh" atau eksentriknya mereka di mata orang lain.

BACA JUGA:8 Lagu K-Pop Masuk Daftar 100 Lagu Terbaik 2023 versi Rolling Stone, Posisi Seven Jungkook Bikin Kaget!

17. Kai (Rover)


KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids.-SM Entertainment -

"Come on and hashtag me." Itulah kata-kata yang nongol di awal klip video Rover milik Kai EXO. Lagu itu adalah single utama album mini ketiga Kai, Rover. Lagu ini viral di TikTok karena challenge yang dilakukan oleh jutaan EXO-L (sebutan fans EXO).

Terinspirasi dari film Billy Elliot dan Catch Me If You Can yang tayang pada awal tahun 2000-an, Rover memperlihatkan Kai berada di kios tukang cukur pada siang hari, dan berpindah ke ruang dansa saat malam.

Dengan latar belakang balet dan kemampuan dance Kai yang memang bagus, Rover berhasil membuat para pendengarnya masuk ke dalam dunia milik idol 29 tahun itu. Sungguh perpisahan yang indah sebelum Kai wamil.

BACA JUGA:Dari NewJeans sampai Jungkook, Ini Daftar Idol K-Pop yang Menang Billboard Music Awards 2023

BACA JUGA:Jangan Ditiru! Dari IU sampai Jimin BTS, Ini 5 Idol K-Pop yang Pernah Jalani Diet Ekstrem

16. TWICE (Set Me Free)

Dengan konsep retro-futuristik, Set Me Free mewakili pandangan yang berbeda pada persepsi masing-masing anggota TWICE tentang kebebasan.

Mereka merasa terikat oleh ekspektasi masyarakat tentang bagaimana mereka harus hidup dan mengekspresikan diri. Tapi juga menolak untuk menyembunyikan identitas dan kepribadian mereka yang sebenarnya.

Secara visual, video ini mengemas makna lagu dengan sempurna. Dengan berbagai adegan yang menggambarkan setiap member TWICE yang menyadari takdirnya dan mencoba mematahkan belenggu metaforis yang telah menahannya begitu lama.

Selain visual dan konsep MV yang sangat menarik, vokal dan visual setiap member TWICE juga menambah nilai plus klip video Set Me Free ini.

BACA JUGA:Dari D.O EXO sampai V BTS, Ini 6 Idol K-Pop Yang Pernah Dikritik Karena Merokok

15. Mark (Golden Hour)

Dalam single keduanya di bawah seri NCT Lab, rapper/penyanyi dengan banyak talenta ini menggodok ide Golden Hour dengan sempurna.

Ia mengubah lelucon yang berasal dari pikirannya selama lima tahun tentang telur dan Gordon Ramsay menjadi sebuah karya seni yang utuh. Baik secara lirik maupun visual.

Secara garis besar, MV Golden Hour memiliki konsep layaknya film indie, yang menampilkan Mark NCT di berbagai lokasi. Seperti restoran atau bagian belakang bangunan tua.

Namun, di sisi lain, Golden Hour terasa kurang seperti video musik dan lebih seperti pameran seni trippy dengan telur sebagai pusatnya. Ada aliran puitis dalam visualnya yang membuat Golden Hour jauh lebih bebas dan kompleks daripada apa yang ditampilkan di awal MV.

BACA JUGA:Keren Banget! Inilah Deretan Idol K-Pop yang Bakal Tampil di BBMAs

BACA JUGA:Jungkook BTS Menang Best Song dan Best K-Pop di MTV EMAs, Ini Reaksinya

14. XG (Left Right)

Dicap sebagai girl group global, XG bukanlah artis K-pop tipikal yang biasa kamu lihat sepanjang 2023 ini. Meskipun mereka berbasis di Korea dan melakukan promosi dengan cara yang sama seperti idol group lainnya, seluruh member grup ini berasal dari Jepang. Mereka juga tidak bernyanyi dalam bahasa Korea, melainkan bahasa Inggris.

Terlepas dari perbedaan ini, XG tampil dengan sangat baik tahun ini saat merilis single Left Right. Dipengaruhi oleh artis R&B tahun 2000-an seperti Aaliyah, TLC, dan Destiny's Child, MV Left Right benar-benar memiliki aura Y2K kental. Yang secara tak langsung menjadi tribute buat gaya tahun 60-an dan 70-an.

13. BLACKSWAN (Cat & Mouse)

Meski BLACKSWAN jarang muncul di publik, girl group yang satu ini sudah memiliki konsep unik sejak debut pada tahun 2020 lalu. BLACKSWAN merupakan girl group multinasional yang debut di bawah naungan DR Entertainment.

Cat and Mouse merupakan lagu B-side yang memiliki nuansa soft-pop. Lagu itu ada dalam album kedua mereka, That Karma (2022). Dengan konsep ala fairy tale, tiap member BLACKSWAN berhasil memikat para penonton dengan lagu dan visual mereka yang stunning.

Sepanjang MV Cat & Mouse, terdapat animasi seekor kucing jantan hitam dan seekor kucing betina kulit putih yang terlihat sedang PDKT, sebuah penggambaran yang tepat dari pesan lagu tersebut.

BACA JUGA:Golden Bersinar! Jungkook BTS Catat Rekor Sebagai Solois K-Pop dengan Lagu Terbanyak Diputar di Spotify

12. Stray Kids, LALALALA


KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids.-JYP Entertainment -

Seperti kebanyakan lagu Stray Kids yang lain, Lalalala memiliki irama yang menggebu khas hiphop yang menjadi ciri khas grup ini. Disutradarai oleh Bang Jae-yeob, Lalalala menggambarkan konflik emosi yang selaras dengan judul lagunya, 락 (樂) (diucapkan rak), yang berarti "kesenangan".

Lagu ini merupakan permainan kata rock dan menjelaskan bahwa, "Meskipun kamu merasakan segala emosi dalam hidup, harapan terakhir tentang emosi yang dapat kamu pilih adalah kesenangan."

MV didominasi dengan dance Stray Kids yang energik. Beberapa gerakan dalam tarian mereka menggambarkan beberapa emosi melalui gerakan tangan yang menyerupai huruf Hanja.

BACA JUGA:Stray Kids Ngegas Terus! Jadi Boy Group Generasi 4 Pertama Yang Tembus Chart Billboard HOT 100

11. HYO Picture


KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids.-SM Entertainment -

Mantan anggota Girls' Generation yang satu ini sekarang aktif berkarier sebagai seorang solois. Picture merupakan single kedua yang dia rilis pada 2023 ini. Tidak bergenre EDM-pop seperti kebanyakan lagu yang biasa dia bawakan, Hyo kali ini mencoba genre dance-pop dengan konsep dewasa. Pada bagian reff, gadis bernama lengkap Kim Hyoyeon ini melakukan beberapa gerakan "nakal" yang menggambarkan makna lagu dengan sempurna.

10. Taemin (Guilty)

Terinspirasi sebagian oleh filsuf Prancis George Bataille dan bukunya Erotism, dan penyair Jerman-Swiss Herman Hesse dan bukunya Demian, Guilty membuat bulu kuduk berdiri ketika Taemin harus melawan rasa bersalah dan hasrat ada dalam dirinya.

"Gift you once as bait, then I take everything / Make you addicted, you can’t tell pain from love / That’s what we’ve become, it’s all for you," adalah lirik yang sangat menggambarkan pesan lagu ini. Komposisi lagu, visual, dan juga koreografi di lagu ini benar-benar menggambarkan image Taemin.

BACA JUGA:Keren Abis! Stray Kids dan NewJeans Hebohkan Panggung Billboard Music Awards 2023

9. Nam Woohyun (Baby Baby)

Dalam lagu pop bernuansa 80-an ini, Woohyun membawa kembali kiasan kuno tentang kerinduan akan cinta yang sangat diinginkan, hanya menunggu gadis impiannya dan bukan yang lain.

Meskipun ada banyak cara untuk menggambarkan konsep ini, vokalis INFINITE itu memilih konsep lucu dengan melakukan koreografi sambil mengejar perempuan pujaannya. Ini adalah konsep yang biasanya digunakan dalam video R&B di awal tahun 2000-an.

Meskipun konsep seperti ini dulu dianggap sebagai sesuatu yang lawak, Woohyun malah berhasil mengubahnya menjadi sesuatu yang baru tahun ini. Lawak estetik lah, intinya...

BACA JUGA:Tenyata Sedih, Inilah Lirik dan Terjemahan Lagu First Snow Milik EXO yang Kembali Viral

8. VIXX (Amnesia)

Amnesia adalah comeback terbaru VIXX tanpa dua member mereka, Ravi dan N (Hakyeon). Hanya ada tiga member yang tampil. Yakni Hyuk, Leo, dan Ken. Dengan MV Amnesia ini, VIXX berhasil membuat penggemar seolah merasakan bahwa mereka sedang mendengar dan melihat lagu-lagu lawas mereka.

Seperti kebanyakan klip video, MV Amnesia juga memiliki latar belakang cerita yang menggambarkan penderitaan yang sedang dialami oleh setiap member. Konsep yang digunakan juga cocok dengan latar cerita yang ada di dalam MV. Untuk lagu ini, VIXX mengambil konsep dunia distopia yang unik.

BACA JUGA:Resmi! Ravi Eks VIXX Dituntut Dua Tahun Penjara Atas Kasus Calo Wamil, Simak Penyesalannya

7. LE SSERAFIM (Unforgiven)

Menyusul kesuksesan lagu Antifragile, Unforgiven menjadi salah satu lagu ikonik milik Le Sserafim. Hingga saat ini, MV Unforgiven telah ditonton sebanyak 108 juta kali.

Terinspirasi dari film The Good, The Bad and the Ugly  (1996) video ini menampilkan Le Sserafim sebagai cewek badass yang mencoba "Melepaskan diri dari aturan yang ditetapkan oleh dunia dan menempuh jalan mereka sendiri." Citra western sangat menonjol dan sesuai dengan energi otoritatif yang menjadi ciri khas dari girl group ini.

6. SEVENTEEN (Super)

Super, atau dalam bahasa korea disebut dengan istilah 손오공 (son o-gong), merupakan batu lompatan besar bagi Seventeen tahun ini.

Terinspirasi dari karakter mitologi Tiongkok, Monkey King, lagu ini bisa diartikan sebagai sebuah deklarasi kekuatan, kekuasaan, dan kenaikan grup ini ke posisi yang lebih tinggi dalam K-pop.

Di dalam MV, seluruh member Seventeen mengenakan pakaian tradisional yang megah dan memimpin pasukan penari di sekelilingnya. Tak dapat dipungkiri bahwa Seventeen saat ini merupakan idol generasi 3,5 K-Pop yang sedang berada di masa puncak kejayaan.

BACA JUGA:Bikin Nangis! Seventeen Rebut Daesang MAMA 2023, Pertama Setelah 9 Tahun!

BACA JUGA:Stylish dan Artistik! 7 Fakta Random tentang The8 Seventeen yang Baru Berulang Tahun ke-26

5. aespa (Drama)


KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids.-SM Entertainment -

Sangat berbeda dengan konsep comeback terakhir mereka, yakni Spicy. Member Aespa tampil dengan konsep seksi dengan MV yang didominasi warna hitam, merah, dan biru tua. Di MV ini seluruh member aespa tampil nyentrik dengan akting mereka yang sangat oke. Apalagi Karina yang berakting menjadi seorang samurai dengan menggunakan pedang dan bertarung melawan beberapa orang.

BACA JUGA:MY Wajib Tahu! 21 Fakta Unik Ningning Aespa yang Berulang Tahun ke-21 Hari Ini

4. (G)I-DLE (Queencard)

(G)I-DLE menahbiskan diri sebagai Queen of Savage lewat lagu ini. Sejak debut, girl group yang satu ini memang sudah dikenal dengan lagu-lagu yang berkonsep women supremacy.

Begitu pula lagu dan MV Queencard yang dirilis tahun ini. MV dengan konsep Y2K dan retro tahun 2000-an ini berhasil memikat banyak penggemar dan non-penggemar di waktu yang sama. Apalagi visual para member yang ditampilkan dalam MV. Duh, makin kesengsem deh.

3. Sunmi (Stranger)

Sesuai dengan bulan rilis klip video Stranger, Sunmi mengangkat tema Halloween. Dalam MV ini, Sunmi mencoba menciptakan Frankenstein versi dirinya. Selain Frankenstein, film horor lain yang menjadi dasar dari konsep MV Stranger adalah The Shining, Atonement, The Exorcist 3, dan Suspiria. Duh, horor terbaik jadi satu...

BACA JUGA:Abum Ketiga Aespa, My World, Bukukan Rekor 1,8 Juta Preorder

BACA JUGA:Simpel tapi Keren! Ini 10 Ide Outfit ala The8 Seventeen yang Bisa Ditiru

2. NCT 127 (Fact Check)

NCT 127 merupakan salah satu idol group yang aktif merilis lagu tahun ini. Sub unit NCT yang beranggotakan 10 orang itu juga sedang disibukkan dengan tur dunia.

Fact Check adalah single utama dari album studio kelima NCT 127 berjudul sama, dengan konsep unik yang menggabungkan tradisionalisme Korea dengan futurisme yang ramping dan syair lagu bergaya afrobeats.

Syuting MV-nya dilakukan di dua landmark Seoul yang terkenal. Yakni Istana Gyeongbok dan Jembatan Incheon. NCT 127 tampil dengan sangat kuat dan tampak berkuasa di MV ini.

BACA JUGA:Sambut Natal, NCT 127 Rilis Single Album Spesial Be There for Me, Simak Tanggal Preordernya

BACA JUGA:NCTZEN Catat Tanggalnya! NCT 127 Umumkan Jadwal Tur Konser The Unity

1.CIX (Save me, Kill Me)


KEREN! Inilah 23 MV k-pop terbaik yang dirilis sepanjang 2023, ada NewJeans sampai Stray Kids. -C9-

Mungkin masih banyak orang yang belum mengetahui grup yang satu ini. Selama empat tahun terakhir, grup beranggotakan lima orang ini telah membahas topik-topik sulit seperti perundungan, melukai diri sendiri, dan bunuh diri, sebagai konsep film cerita dan epilog mereka sejak debut. Save Me, Kill Me adalah puncak dari alur cerita tersebut, yang menggabungkan potongan-potongan episode ini menjadi kesimpulan akhir dari serial mereka.

Nah, itulah 23 MV K-Pop terbaik yang rilis sepanjang 2023 versi Teen Vogue. Kok Flower-nya Jisoo tidak ada? Kok Standing Next to You-nya Jungkook tidak ada?

Sabar, sabar, jangan emosi. Ini versi Teen Vogue. Kita bisa bikin versi sendiri. Apa MV favorit kalian yang dirilis tahun ini? Yuk di-list. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: teen vogue