Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji, Menag: Luruskan Niat dan Jaga Kesehatan

 Lepas Keberangkatan Kloter Pertama Jemaah Haji, Menag: Luruskan Niat dan Jaga Kesehatan

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas ketika melepas keberangkatan jemaah haji kloter pertama dalam pesawat di Bandara Soekarno-Hatta, Minggu dini hari, 12 Mei 2024.-Kementerian Agama-

JAKARTA, HARIAN DISWAY–Akhirnya, kloter pertama jemaah haji Indonesia sudah berangkat. Sebanyak 388 orang dari Embarkasi Jakarta - Pondok Gede (JKG-01) itu terbang dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Minggu dini hari, 12 Mei 2024.

Ada lima petugas kloter yang ikut terbang bersama mereka. Keberangkatan ini pun langsung dilepas oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas

Turut didampingi Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI Tb Ace Hasan Syadzili, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Hilman Latief bersama sejumlah pejabat eselon I dan II lainnya, serta para staf ahli, staf khusus, dan tenaga ahli Kemenag.

BACA JUGA:PJ Gubernur Jatim Lepas Rombongan Jamaah Haji Kloter 1 dari Asrama Embarkasi Surabaya

Gus Men–sapaan karib Yawut–berpesan agar jemaah menata ulang kembali niatnya. Agar bisa fokus untuk beribadah haji selama di tanah suci. 

“Niat bapak/ibu ke tanah suci itu beribadah. Tolong jangan selipkan niat-niat lain selain niat ibadah haji di tanah suci,” ucapnya kepada para jemaah di pesawat.


Gus Men berbincang dengan seorang jemaah haji lansia sebelum melepas keberangkatan kloter pertama.-Kemenag RI-

Tentu, Gus Men juga kembali mengingatkan pentingnya menjaga fisik. Apalagi, cuaca di Arab Saudi berbeda dengan di Indonesia. Cuaca di tanah suci sangat panas. Para jemaah diimbau untuk menjaga asupan makanan, minuman, dan vitamin yang cukup.

Ia pun meminta para jemaah tak segan meminta tolong kepada petugas jika membutuhkan sesuatu. Ia pastikan, petugas akan membantu dengan setulus hati.

BACA JUGA:Jamaah Haji Antusias Nikmati Fasilitas Mobil Golf di Asrama Haji Sukolilo

"Jika membutuhkan segala sesuatu nanti, sampaikan kepada petugas. Kami di Kemenag bersama Kemenkes sudah menyiapkan petugas-petugas yang akan dan siap melayani bapak dan ibu sekalian. Apapun kebutuhannya sampaikan kepada petugas, jangan sungkan," kata Gusmen.

Menurutnya, pasti akan banyak tantangan yang akan dihadapi jemaah. Namun, ia yakin para jemaah dengan dibantu petugas akan bisa menjalankan ibadah haji dengan lancar. 

Semua yang di tanah air, kata Gus Men, akan ikut mendoakan para jemaah haji supaya mabrur. “Dan doakan agar Indonesia menjadi negeri yang baldatun thayyibatun wa rabbun ghafur. Aman-aman di jalan dan semoga sampai dengan selamat," tutupnya.

BACA JUGA:Kloter Pertama Jamaah Haji Jatim Asal Bojonegoro Tiba di Asrama Haji Sukolilo Surabaya Pagi Ini

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: