Aleix Espargaro Pindah ke Honda, Misi Menghidupkan Kembali Kejayaan RC213V

Aleix Espargaro Pindah ke Honda, Misi Menghidupkan Kembali Kejayaan RC213V

Aleix Espargaro Galau, Pilih Pensiun Atau Tidak di Musim Depan-X/@AleixEspargaro-

HARIAN DISWAY - Kepastian pensiunnya Aleix Espargaro dari MotoGP di akhir musim ini telah terjawab. Namun, yang mengejutkan adalah keputusannya untuk kembali ke Honda.

Tentu, bukan sebagai pembalap, melainkan sebagai test rider tim Honda Racing Corporation (HRC) mulai tahun depan.

"Honda Racing Corporation akan memperkuat program tes dengan kedatangan Aleix Espargaro sebagai test rider pada 2025," demikian pernyataan resmi Honda pada Rabu, 24 Juli 2024.

BACA JUGA:Honda Terpuruk di MotoGP 2024, Tantangan Baru Menanti di Silverstone

BACA JUGA: Marc Marquez Pindah ke Ducati Corse Beri Efek Domino di MotoGP

Dengan hampir 250 start di kelas premier, pembalap berusia 34 tahun itu bakal membawa pengalaman segudang di atas mesin Grand Prix. Serta prestasi tiga kemenangan dan lebih dari 1300 poin. Aleix akan bergabung dengan pendukung HRC, Stefan Bradl, dalam mengembangkan Honda RC213V.


Alex Marquez mengungkap bahwa Marc Marquez marah usai menjajal Honda RC213V 2023 di Valencia-MotoGP-

Sejatinya, Aleix Espargaro dipersiapkan tim pabrikan Aprilia sebagai test rider. Sekaligus mentor bagi pembalap muda Aprilia agar lebih memahami karakter motor RS-GP.

Ya, Aleix Espargaro memang menjadi pilar utama program MotoGP Aprilia sejak 2017. Ia menuai banyak pujian karena sukses mengubah motor Aprilia RS-GP dari motor juru kunci menjadi pemenang balapan.

Skenario awal menempatkan Aleix Espargaro di Aprilia bersama Lorenzo Savadori sebagai test rider. Kala itu ia diharapkan dapat membantu riset dan pengembangan motor balap sesuai perubahan regulasi MotoGP 2027.

BACA JUGA:Kalau Marc Marquez ke Ducati, Pembalap Lain Diprediksi Tak Akan Muncul, Kok Bisa?

BACA JUGA:Marc Marquez Keluhkan Motor Honda RC213V Sebelum Pindah ke Ducati

Namun, kini keputusan sudah dibuat. Aleix lebih memilih pinangan tim pabrikan Honda sebagai test rider mulai tahun depan.

Alasan kepindahan Aleix Espargaro mungkin masuk akal. Pol Espargaro, adik kandungnya, yang menjadi tandem Marc Marquez di tim pabrikan Repsol Honda pada MotoGP 2021-2022, nyatanya kesulitan menjinakkan motor RC213V sepanjang musim tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: